Part 1: Membangun Microservice Sederhana Menggunakan GO – GO Micro

Ada baiknya sebelum memulai ngoding (mohon bersabar ya..) kita mengenal dahulu apa yang akan kita bikin. Pada bagian pertama ini saya akan membagikan beberapa topik yaitu pengenalan microservice, GO, Go Micro, dan Protobuf. Microservice termasuk dalam salah satu arsitektur perangkat lunak (software architecture).

Baca Artikel
Teknik Mengaplikasikan Pagination: OFFSET Vs SEEK Pagination

Pagination adalah suatu metode untuk membagi suatu dokumen/resource menjadi bagian-bagian lebih kecil yang saling terpisah. Dalam dunia web development, istilah pagination umumnya merujuk pada teknik untuk membagi resource yang besar (data suatu tabel di database misalnya) menjadi komponen lebih kecil yang lebih mudah ditangani oleh user (manusia). Contoh yang umum dari penggunaan pagination ini adalah ketika kita melakukan suatu query melalui google. Hasil dari query google sering mengandung hasil hingga jutaan items; jumlah yang terlalu besar untuk dapat langsung diperoleh oleh kebanyakan user. Oleh karenanya hasil tersebut dibagi oleh google ke dalam beberapa halaman yang tiap-tiapnya mengandung 10 items (konfigurasi default).

Baca Artikel
A Better Way Of React With Hooks | Part 1

Apa Itu Hooks ? Hooks adalah feature baru di React sejak release versi 16.8 dengan Hooks tidak perlu definisi class untuk membuat state? Sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh Dan Abramov di React Conf 2018, React Conf 2018 dengan Hooks membuat banyak perubahan code di React yang membuat komponen lebih mudah untuk dibaca dan mempunyai lifecycle yang lebih mudah untuk dipahami, berikut contoh kecil untuk deklarasi state dengan dan sebelum menggunakan Hooks.

Baca Artikel
Single Action Controller Pada Laravel

Setelah membahas tentang Mudahnya membuat routing dengan Laravel, kali ini saya akan membahas soal Single Action Controller di Laravel, dimana saya yakin ini akan membuat kalian semua ingin melakukan rewrite pada aplikasi yang sudah kalian buat atau kalian kerjakan saat ini. Baiklah, selamat membaca! Apa itu Single Action Controller? Sederhananya Single Action Controller ini adalah sebuah pattern yang hanya menggunakan satu controller untuk meng-handle logic saat mengakses sebuah route. Kalau dari pernyataan barusan bisa kita simpulkan seperti ini: “setiap route di-handle oleh controller yang berbeda-beda”.

Baca Artikel
Mengenal Redux-Saga Dalam React Native

Mengenai seputar pemrograman menggunakan React Native, tidak mungkin tanpa membahas third-parties library yang mendukung dalam pengembangan aplikasi yang menggunakan React atau pun React Native. Dalam artikel kali ini kita akan membahas salah satu kerabat dari Redux yaitu Redux-Saga.

Baca Artikel
Penggunaan Redux Untuk React Native

Dalam artikel ini akan dibahas prinsip penggunaan Redux dalam framework React Native. Untuk kalian yang baru pertama kali mendengar istilah Redux, saya sarankan untuk membaca artikel Konsep Sederhana Redux terlebih dahulu. Artikel tersebut membahas Redux dari sisi konseptual dengan sangat baik juga disertai dengan ilustrasi yang mudah dimengerti.

Baca Artikel
Bekerja Dengan Ticket: Bagian I

Jika ada hal yang selalu melekat pada seorang programmer professional, yang selalu menghantuinya siang malam, maka itu adalah ticket. Ticket merepresentasikan unit terkecil dari pekerjaan besar sebuah tim IT. Di dalam sebuah ticket, seorang programmer dapat mengetahui apa yang harus dia lakukan, apakah itu penting, dan kapan batas waktu untuk menyelesaikannya.

Baca Artikel

Case Studies

×