Setelah membeberkan 5 teknologi yang akan mengguncang di 2018, tulisan kali ini akan memberikan “final 5” teknologi yang diprediksi akan semakin ramai dan menjadi arus utama dalam keseharian manusia. Berikut lima daftar terakhir yang keluarkan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT) terkait teknologi terbaru dan akan segera ramai di 2018.

1. Earbuds Babel Fish

Diberi nama dari sebuah komedi science-fiction yang diperkenalkan oleh Douglas Adam dalam film The Hitchhiker’s Guide To The Galaxy, yang mana earbuds (semacam earphone) tersebut mampu secara online menerjemahkan instan bermacam-macam bahasa dalam waktu nyaris saat itu juga, sehingga manusia mampu berkomunikasi dengan bahasa yang berbeda.

Rotman mengatakan “Google Pixel Buds berarti bahwa orang-orang bisa dengan mudah melakukan pembicaraan secara natural meskipun dengan bahasa yang berbeda.”

Meski demikian earbuds sendiri masih dalam pengembangan tahap awal dan dilaporakan belum berfungsi secara sempurna, Anda pun bisa mengakses teknologi itu melalui Google’s Voice-Activated Service di desktop ataupun perangkat mobile.

2. Gas Alami Nol-Karbon

Metode rekayasa baru telah membuat karbon dengan mudah ditangkap selama pembakaran gas alam, mampu mengindari emisi rumah kaca dan membuka pintu baru untuk kemungkinan energi yang bersih. Saat ini, 32 persen dari energi listrik yang diproduksi di Amerika Serikat berasal dari gas alam - Nyaris 30 persen dari emisi karbon berasal dari sektor energi. 8 Rivers Capital, Exelon, Generation dan CB&I adalah pemain kunci untuk memastikan gas alam beremisi nol.

“Teknologi gas alam yang bersih adalah sebuah janji yang pasti hadir untuk menciptakan energi yang murah dan menggantikan energi dari fosil,” kata Rotman.

3. Privasi Daring Sempurna

Sistem privasi Blockchain telah membuat transaksi digital bisa terjadi dan terekam juga tervalidasi. Di saat yang bersamaan privasi dari informasi dan identitas terjadi dalam pertukaran informasi atas transaksi itu. Hal itu membuka jalan bagi harapan untuk berbagi informasi tanpa ketakutan atas risiko privasi terpapar untuk digunakan sebagai penipuan atau pencurian identitas.

4. Prediksi Fortune Genetik

Terobosan baru telah diprediksi dalam sebuah analisis penggunaan data genomic yang dilakukan pemain kunci seperti Helix, 23andMe, Myriad Genetics, BK Biobank and the Broad Institute. Hal ini membuat kemungkinan dalam prediksi penyembuhan seperti kanker, atau bahkan analisis IQ dengan menggunakan data genetik. Hal ini tak hanya diprediksi akan menjadi “quantum leap” berikutnya dalam perlindungan kesehatan, namun juga akan menimbulkan sebuah masalah etik termasuk risiko diskriminasi genetik.

“Tak satupun merasa hal ini akan menjadi mungkin sebelumnya,” kata Rotman.

“Fortune genetik akan memberikan prediksi jika Anda itu jenius atau di bawah rata-rata intelejensia. Hal ini juga memungkinkan untuk memprediksi perilaku. Namun bagaimana kita bisa menggunakan informasi itu? Apakah akan mengubah pola pendidikan dan menjadi hakim dari potensi anak-anak kita?”

5. Material Quantum Leap

Menggunakan sebuah seven-qubit kuantum komputer yang didesain IBM, peneliti dari Harvard berhasil menciptakan simulasi paling lengkap dari sebuah molekul sederhana. Molekul itu — beryllium hydride — adalah semulasi molekul terbesar yang dilakukan dalam sebuah quantum computing.

Rotman mengatakan “Quantum computers akan digunakan oleh para ilmuan untuk melakukan anyaman yang paling presisi. Hal ini akan membuat banyak desain menjadi kenyataan dengan material-material yang menakjubkan, seperti solar sel yang murah, katalis yang lebih baik untuk bahan bakar bersih, juga protein yang berfungsi menjadi obat yang efektif.

Apakah ke-10 prediksi itu akan hadir? Kita tunggu selama delapan bulan ke depan sebelum pergantian tahun baru.