Penasaran Bootcamp Prep Refactory? Yuk, Simak Bocorannya!

Penasaran Bootcamp Prep Refactory? Yuk, Simak Bocorannya!

Tue, May 22, 2018 4:43 PM
Berita by Hafidz Mukti Ahmad

Sejalan perkembangan teknologi yang ada, Refactory.id terus berinovasi dengan memastikan materi terbaru yang diajarkan dalam program Bootcamp Prep. Apa yang ingin dihadirkan Refactory, akan menjadi sebuah tahap awal untuk menjangkau mereka yang memiliki keinginan kuat menjadi seorang programmer atau coder.

Demi memastikan inti dari aktivitas Refactory yang mahir di bidang Programming Bootcamp, pelatihan akan dirancang dan dimplementasikan secara intensif bagi nyaris semua kalangan. “Kami merancang pelatihan yang intensif, bagi siapa saja, bagi yang awam maupun berpengalaman di dunia programming. Rancangan ini dilakukan dengan platform JavaScript (Node.js). Kami menanamkan konsep dan logika yang kuat dalam pemrograman,” kata Chief Academic Officer Refactory, Bambang Purnomosidi di kampus Refactory Yogyakarta, belum lama ini.

Penggunaan platform JavaScript (Node.js) ini bukan tanpa alasan. Bambang mengungkapkan, jika sejauh ini berdasarkan pengalamannya hingga meraih gelar doktor di bidang computer science, mengakui jika JavaScript relatif bisa digunakan di semua platform yang populer dan mudah dipahami. Tak hanya itu, jangkauan yang luas membuat JavaScript digunakan di semua lapisan.

“JS ini dipakai sama client, front-backend maupun server. Juga pustaka atau komponen JS tersedia dalam jumlah yang banyak dengan solusi dari banyak masalah. Terpenting sejauh ini, JavaScript mendukung berbagai paradigma dunia programming.”, ujarnya.

Tujuan utama penggunaan JavaScript (Node.js), kata Bambang untuk memberikan dasar yang kuat terhadap disiplin ilmu pemrograman dengan menggunakan peranti pengembangan JavaScript. Selain itu memberikan dasar pemahaman yang kuat terhadap berbagai perangkat dalam ekosistem programming.

Berikutnya, soal latihan pola pikir dan mental dari seorang programmer yang diperlukan untuk sukses berkarir dalam dunia pengembangan software. Tahap berikutnya, persiapan yang memadai untuk masuk ke program bootcamp Refactory.

Program Bootcamp Prep Refactory nantinya akan memberikan 17 materi yang harus dikuasai peserta dalam waktu 80 jam sampai maksimum 100 jam. Berikut 17 materi yang jadi santapan wajib jika kalian bergabung bersama Bootcamp Prep Refactory;

Operating System Basic . Materi ini menjelaskan cara kerja komputer dari sisi software terutama terkait dengan Sistem Operasi yang merupakan software paling dasar yang ada di komputer. Ubuntu Linux akan digunakan untuk mewakili pembahasan tentang Sistem Operasi.

Shell Programming - Bash . Sistem Operasi Linux mempunyai 2 metode utama untuk berinteraksi bagi pemakainya: GUI atau Grafis dan Terminal atau command line. Materi ini menjelaskan Bash yang merupakan shell command line serta bagaimana memprogram Bash untuk keperluan otomasi.

Git and GitHub . Materi ini menjelaskan penggunaan software Git untuk sistem versi dari kode sumber serta GitHub untuk mengelola proyek pembangunan software.

JavaScript Overview . Materi ini menjelaskan gambaran umum dari JavaScript.

JavaScript Ecosystem . Materi ini menjelaskan ekosistem yang dihadapi oleh pemrogram yg menggunakan JavaScript untuk membangun software.

JavaScript Basic Constructs . Materi ini membahas dasar-dasar pemrograman di JavaScript.

Asynchronous Programming in JavaScript . Materi ini menjelaskan tentang alur program yang tidak berhenti pada saat terjadi operasi Input/Output serta bagaimana menggunakan JavaScript untuk menangani hal tersebut.

Prototype-Based Programming in JavaScript . Materi ini menjelaskan penggunaan prototype di JavaScript.

Object-Oriented Programming in JavaScript . Materi ini menjelaskan tentang paradigma OOP dan implementasinya di JavaScript.

Functional Programming in JavaScript . Materi ini membahas paradigma pemrograman fungsional di JavaScript.

Modular Programming in JavaScript . Materi ini membahas cara membuat software secara modular, baik dalam hal menggunakan pustaka yang tersedia maupun membuat pustaka untuk digunakan kembali.

Testing in JavaScript . Materi ini membahas cara melakukan pengujian pada kode sumber yang ditulis menggunakan JavaScript.

Accessing Database . Materi ini membahas cara mengakses basis data di JavaScript, baik SQL maupun NOSQL.

Full-stack Application Development . Materi ini membahas pengembangan aplikasi untuk semua stack / lapisan. Bagian ini merupakan dasar dari dua materi berikutnya.

JavaScript Front-end Development . Materi ini membahas pengenalan pemrograman JavaScript di sisi browser.

JavaScript Back-end Development . Materi ini membahas pengenalan pemrograman JavaScript di sisi server.

JavaScript Development Tools . Materi ini membahas penggunaan berbagai peranti pengembangan di ekosistem JavaScript.

Pengen tahu lebih lanjut? Yuk daftar: https://enroll.refactory.id/program/bootcamp-prep