Tempat Yang Asyik Untuk Belajar Secara Remote

Tempat Yang Asyik Untuk Belajar Secara Remote

Thu, Jun 27, 2019 3:23 PM
Tips & Trick by Vesti WK

Berpikir tentang tempat-tempat yang menarik untuk hangout bersama teman-teman, untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan, atau sekedar meluangkan waktu minum kopi, di mana saja kita sudah pernah kunjungi dan suka dukanya. Ada beberapa poin yang mungkin terasa sepele, namun ketika pada kenyataannya bisa jadi memberi efek yang berbeda setelah kita berada di dalamnya atau sedang mengalaminya. Suatu saat kita mungkin jenuh jika harus mengerjakan tugas atau pekerjaan di tempat yang sama setiap hari. Sebelum menentukan tempat mana yang barangkali akan kita jadikan alternatif, beberapa pengetahuan berikut bisa jadi memungkinkan untuk dapat kita pertimbangkan.

Coworking Space

Coworking space didirikan untuk para pengusaha kecil yang sedang dalam masa pengembangan, atau untuk komunitas yang sedang ingin mengembangkan kegiatannya. Biasanya untuk menyewa satu space tidak memakan biaya sebesar menyewa kantor di gedung kantor bertingkat. Kita pasti tahu coworking space untuk versi di Indonesia paling familiar dikunjungi oleh para mahasiswa untuk mengerjakan tugas di sana, terlebih lagi jika berada di sekitaran kampus. Yang pasti mereka juga menyediakan tempat khusus bagi kita yang hanya ingin menyewa harian saja. Pilih coworking space yang di dalamnya juga terdapat cafe atau catering spot supaya kita tidak dehidrasi atau kelaparan saat mengerjakan tugas atau pekerjaan. Pastikan juga coworking space tersebut memiliki variasi tempat, baik yang sifatnya sangat berisik hingga tenang, meski rata-rata menawarkan situasi yang tenang dan nyaman. Produktivitas kerja akan berpengaruh tergantung situasi di sekitar kita. Namun jika kita tidak terlalu bermasalah dengan tempat yang ramai dengan lalu lalang suara pengunjung, ya tak mengapa. Kemudian selain situasi tempat, koneksi internet yang stabil menjadi hal penting lainnya yang patut dijadikan pertimbangan. Jangan sampai kita menjadi gagal project gegara komunikasi online yang tidak lancar.

Coworking Space

Berikut kelebihan dan kekurangan dari coworking space:

  • Bisa bertemu orang baru sehingga dapat menambah relasi.
  • Bisa berbagi pengalaman dengan orang lain.
  • Ruang kerja lebih dinamis, modern, dan fleksibel.
  • Sulit berkonsentrasi karena adanya gangguan dari orang lain atau lingkungan.
  • Kurang privasi karena bentuk ruangan terbuka dan berdekatan dengan orang lain.

Cafe

Cafe identik dengan tempat nongkrong bersama teman atau keluarga untuk sekedar ngobrol atau menikmati situasi dari luar rumah. Tapi tidak ada salahnya jika pekerjaan remote kita lakukan di dalam cafe. Aspek yang perlu diperhatikan hampir sama dengan coworking space, terlepas dari pilihan tempat coworking space yang lebih terkesan formal.

American Psychological Association di tahun 2011, berfokus pada anak-anak yang sekolahnya didirikan di bandara. Menurut penelitian ini, anak-anak tidak lebih baik tingkat pemahaman membacanya atau pengujian memori jangka panjangnya ketika berada di sekolah yang ramai, dimana terdapat korelasi antara kebisingan dan fungsi otak.

Menurut sebuah artikel pada tahun 2017 dari sumber daya pemasaran Zapier, terlalu banyak kebisingan di sekitar kita dapat memberikan efek samping dalam banyak hal. Salah satu di antaranya, fokus dan produktivitas kita akan menjadi berkurang. Zapier menyebutkan dalam sebuah penelitian, kita memiliki lebih banyak hormon stres jika berada di lingkungan yang lebih keras. Bukan hanya itu, kita memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapatkan tinitus (kondisi audial), penyakit jantung, dan kerusakan ginjal dan otak. Setiap tahun, penyakit jantung membunuh sekitar 610.000 orang di Amerika, membuatnya menjadi penyakit mematikan teratas di negara ini. Juga tidak mengejutkan jika lingkungan yang keras juga dapat menyebabkan masalah pada tidur kita.

Cafe

Jadi, sudah bisa membayangkan model cafe seperti apa yang enak dikunjungi untuk kerja remote? Pastikan jarak gedung cafe agak jauh dari jalan raya jika memiliki traffic yang padat, mungkin sekitar 10 meter yang biasanya dipergunakan untuk tempat parkir mobil atau motor. Lalu, koneksi internet. Kita semua tahu jika koneksi internet tidak dapat diandalkan, maka kita tidak akan bisa melakukan pekerjaan online kita. Koneksi internet via cafe bisa dimanfaatkan dalam hal ini. Namun tergantung kondisi ramai tidaknya cafe. Koneksi dengan menggunakan WLAN atau Wireless LAN bisa menjadi alternatif lain jika kondisi ini terjadi. Yang terakhir yang mungkin ada baiknya untuk tidak diabaikan. Hubungan baik kita dengan pegawai atau pemilik cafe, jika kita pernah berkesempatan bertemu dengan pemiliknya. Terlebih jika hampir setiap hari kita bersambang ke cafe yang sama. Hubungan yang baik dapat memudahkan kita untuk komunikasi yang lebih baik, karena tak kenal maka tak sayang bukan?

Selain dari dua tempat di atas, ada tempat-tempat lain yang bisa juga digunakan untuk tempat kerja remote kita. Seperti; perpustakaan, mall (tapi pastikan di sana yang menyediakan fasilitas meja kursi untuk public ya), atau taman kota jika memadai.

Kreativitas kita ditantang supaya kita tetap semangat dalam mengerjakan pekerjaan remote dengan memilih tempat yang pas dan nyaman. Di sisi lain, para milenial dikenal fleksibel yang harus bisa bekerja dari mana saja. Kantor bagi generasi milenial adalah konsep usang dalam kamus pekerjaan. Bagi mereka, bekerja dari mana saja bisa membuat pekerjaan lebih santai dan rileks tapi tidak serta-merta mengurangi produktivitas kerja.

Sekarang, sudah siap untuk mengerjakan task-task di Refactory online bootcamp? Kini Refactory ada untuk memenuhi kebutuhan milenial yang ingin bekerja sebagai seorang programmer namun dengan sistem pelatihan online, dapat dilakukan dari mana saja.

Enroll sekarang yuk: enroll.refactory.id