Programmer & Hari Depan

Thu, Jun 15, 2017 12:30 PM
Sosio by Admin

Tiap jaman memiliki pekerjaannya. Di Inggris, ketika sensus modern pertama dilakukan tahun 1801, sebuah tren baru dalam formasi kerja terbentuk. Populasi tumbuh, pekerjaan berubah. Pada periode itu banyak keluarga Inggris bermigrasi dari pertanian ke industri.

Pada tahun tersebut tercatat, pertanian tinggal digeluti 2,1 juta orang atau sekitar 22% dari total populasi pekerja. Manufaktur melesat, menyerap 3,6 juta pekerja, hampir setara 40% dari keseluruhan. Sektor jasa yang belum lama terkontruksi, mengasup 25%.

Lazimnya hukum revolusi, begitupun revolusi industri, ia mengubah wajah formasi sosial. Dalam konteks ini, pola kerja bergeser. Tiga belas tahun sejak James Watt menemukan pengontrol gaya gerak, -sehingga kecepatan mesin dapat diawasi secara otomatis-, Eropa beralih rupa. Kerja manual kisut, kerja berteman mesin melesat. Matahari industrialisasi terbit.

Cerita tiga abad silam di tanah Britania jelas telah berlalu. Abad paling anyar datang dan era digital gantian menyinari peradaban. Sinarnya terkadang sangat menyilaukan. Manusia melangkah lebih jauh, profesor dari New York, Leonard Kleinrock, meletakkan dasar bagi jaringan internet modern. Dunia, kau akan segera disulap!

Nama-nama seperti Sergey Brin, Larry Page, Jack Ma atau Mark Zuckerberg kemudian mengapung sebagai "tokoh komikal" baru. Post modernisme menjadi diskursus tua. Angkatan "baby boomers" makin renta, gerbong Generasi Z datang membikin gaduh. Perusahaan-perusahaan start up menyebar. Penetrasi ponsel pintar memasifikasi arus digitalisasi.

Bila di tahun 1801 Inggris menemukan tren migrasi pekerjaan akibat dorongan mekanisasi, China baru-baru ini memberi gambaran bagaimana kehendak pasar didikte digitalisasi. Berdasarkan laporan China.org, pekerjaan dengan gaji terbaik untuk kalangan muda kini berpusat di sekitar industri tehnologi.

Laporan tersebut menyebut, computer software engineer nangkring di posisi ke 8 pekerjaan dengan imbalan terbaik. Peringkat ke 3 ada software application engineer. Posisi kedua diisi internet developer. Posisi puncak diisi game designer, berbandrol minimal 5.237 Yuan tiap bulan. Profesi semacam general manager, arsitek dan praktisi perbankan tanpa segan mulai ditepikan kalangan muda disana.

Tahun-tahun belakangan computer science memang berhasil meraih tempat menyakinkan dalam strata kerja. Apa yang terjadi di China turut dikonfirmasi oleh Forbes. Pada laporan tertanggal 22 April 2016, Forbes menyebut 10 besar gaji sektor industri teknologi. Pendapatan mereka berkisar 83.936 USD hingga 116.267 USD per tahun. Terdengar merdu di telinga? Ambil cotton bud bila tak terdengar menyenangkan di telingamu!

Berdasar rangking Forbes, software artchitect berada di ranking tertinggi. Mobile developer menyusup di posisi ke enam. Net developer menempati urutan 10. Mengutip apa yang ditulis Forbes, hari-hari ini setiap perusahaan ialah perusahaan teknologi. Hal ini kerap diterjemahkan ke dalam gaji yang tinggi, keuntungan kompetitif dan fleksibilitas kerja.

Tren serupa lamat-lamat mulai menjalar di Indonesia. Merujuk konsultan bisnis dan manajemen, Kelly Services (berpusat di Michigan), Industri IT dan e-commerce menempati peringkat 3 dan 4 dalam skala gaji tertinggi di Indonesia. Keduanya melampaui industri infrastruktur dan hanya kalah dari sektor pertambangan serta jasa keuangan.

Demikian, jaman bergerak teramat kencang. Lajunya terkadang lebih mencengangkan dari apa yang bisa diperkirakan awam. Era digital menyediakan sarana perbaikan finansial, tentu bila Anda paham. Dan ini bukan serupa bunyi iklan karbitan, melainkan kenyataan yang ditegaskan studi mendasar.

Demi memperoleh programmer pilihan, perang talenta dalam skala global telah dimulai dan akan terus digencarkan. Tertarik terlibat dalam pusarannya? Suatu waktu Obama pun sampai harus bilang, "Dalam ekonomi baru, komputer sains bukanlah keahlian opsional, melainkan keahlian dasar...".

Rasanya Anda tak perlu berpaling ke Inggris di tahun 1801, hanya demi menginsafi jaman selalu bergerak kedepan. Bukan jalan di tempat. Termaksud jenis profesi pilihannya.