Dalam sebuah aplikasi baik itu web, mobile, atau bahkan print design, icon menjadi salah satu bagian yang penting untuk mendukung eksistensi sebuah aplikasi yang merupakan penghubung ke beberapa segmen (menu) yang ada di dalamnya. Selain itu, icon juga dapat membuat menarik tampilan aplikasi dengan beragam tema yang dapat didesain menyesuaikan konsep aplikasi. Dalam pembuatannya sangat dianjurkan icon didesain dalam bentuk yang sangat minimalis. Hal lain adalah icon harus mudah dimengerti dan dapat jelas terlihat meski ketika pengecilan ukuran hingga 16x16 pixel.

Icon, secara eksistensi, sangat penting bagi programmer. Untuk itu di hari ini, kami memberikan satu set icon sebagai giveaway yang bisa Anda unduh secara cuma-cuma dan bebas untuk Anda manfaatkan di apps atau website Anda.

Refactory On Icons

Semua desain icon di atas bisa didapatkan secara gratis, giveaway minggu ini persembahan Refactory melalui link berikut.

Refactory On Icons

Filosofi ikon: Refactory sejak awal pendirian mengusung konsep yang pekat akan Cosa Nostra. Dimana atribut bersifat glamour, berkedudukan, dan berkepercayaan tinggi, terlepas dari realisasi sebuah sistem organisasi mafia tersebut (yang cenderung kepada organisasi kriminalitas) yang tidak digunakan ke dalam keseharian bootcamp dan sistem perusahaan Refactory.

Secara etimologi, kata mafia (pengucapan bahasa Italia: maːfja) berasal dari kata sifat mafia Sisilia, yang diterjemahkan secara kasar, berarti "sombong", tapi bisa juga diterjemahkan sebagai "boldness" atau "keberanian". Jika kata tersebut direferensikan untuk seorang pria, mafiusu (mafioso dalam bahasa Italia) di Sisilia abad ke-19, menandakan "tak kenal takut", "giat", dan "bangga", demikian menurut sarjana Diego Gambetta. Namun, jika mengacu pada sisi feminisme, mafiusa berarti "cantik" atau "atraktif".

Jika dihubungkan antara konsep Cosa Nostra tersebut ke dalam icon maka segala item yang berhubungan dengan organisasi tersebut (baca; mafia) dapat digunakan sebagai bentuk representasi dari masing-masing segmen dalam aplikasi.

Berikut beberapa item dalam beberapa segmen umum yang biasa ditampilkan di dalam sebuah aplikasi:

  1. Home, direpresentasikan ke dalam gambar rumah sederhana.
  2. About, direpresentasikan ke dalam gambar topi fedora.
  3. Gallery, direpresentasikan ke dalam gambar foto grup.
  4. Journal, direpresentasikan ke dalam gambar kertas dan pena.
  5. Shop, direpresentasikan ke dalam gambar silver case, atau koper silver.
  6. Video, direpresentasikan ke dalam gambar tampilan layar aplikasi video.
  7. Radio, direpresentasikan ke dalam gambar radio secara minimalis.
  8. Location, direpresentasikan ke dalam gambar umum icon penempatan letak lokasi di dalam map digital.
  9. Signing, direpresentasikan ke dalam gambar wax sealer berbentuk huruf R dari awalan kata "Refactory".
  10. Privacy, direpresentasikan ke dalam gambar gembok besar.
  11. Contact, direpresentasikan ke dalam gambar telepon model klasik.
  12. Email, direpresentasikan ke dalam gambar amplop surat.

Nantikan kejutan giveaway lain di minggu depan.