Kiat Memilih Code Editor

Thu, Jun 15, 2017 12:30 PM
Tutorial by Mulia Nasution

Code editor adalah salah satu alat yang paling sering digunakan oleh programmer. Oleh karena itu pemilihan code editor yang menjadi sangat penting. Apa saja sih yang sebaiknya kita perhatikan dalam memilih code editor? Berikut beberapa hal yang patut anda pertimbangkan.

Fitur yang ditawarkan

Pemilihan fitur menjadi hal yang sangat penting. Fitur yang terlalu banyak belum tentu menjadi pilihan yang baik. Karena belum tentu anda menggunakan semua fitur yang ditawarkan. Pilihlah editor dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Sebagian editor yang masuk ke dalam kategori IDE (Integrated Development Environment), biasanya memiliki fitur yang fokus pada development environment--atau bahasa tertentu. Misalnya Jetbrains PHPStorm yang fokus pada bahasa PHP. Jika misalnya anda membuat aplikasi dengan menggunakan C#, tentu menggunakan PHPStorm menjadi useless.

Penambahan fitur

Istilah penambahan fitur pada tiap editor bisa saja berbeda. Ada yang menamai dengan extension, add-on, ataupun plugins. Tetapi pada dasarnya dengan menggunakan fitur ini kita dapat menambah kemampuan editor. Bahkan ada juga yang bisa digunakan juga untuk mempercantik tampilan editor.

Ringan dan cepat

Ringan dan cepat adalah suatu hal perlu dipertimbangkan ketika memilih code editor. Tentunya anda tidak ingin menggunakan editor yang berat dan lambat. Misalnya hanya untuk membuka di awal, anda harus menghabiskan waktu 30 detik atau lebih.

Ketersediaan editor

Jika anda pengguna multiple-OS, menggunakan editor yang sama pada setiap OS tentu dapat mempermudah anda. Berganti editor membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Misalnya anda di Windows menggunakan Notepad++, lalu di Linux menggunakan Gedit, tentu ada sesuatu yang berbeda saat berpindah. Mulai dari menu dan shortcut yang berbeda, hingga perbedaan fitur.

Jika anda menggunakan editor yang tersedia pada banyak platform, anda bisa menghemat waktu, baik waktu untuk beradaptasi maupun waktu untuk melakukan riset. Tentunya anda bisa lebih produktif.

Komunitas

Bagi saya komunitas menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan ketika memilih editor. Semakin banyak jumlah pengguna dan diskusi, jika menemukan masalah, maka semakin mudah pula kita menemukan solusinya.

Kesimpulan

Pilihan editor bisa berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Bahkan ada yang mendewakan editor tertentu. Tetapi yang paling terpenting adalah seberapa efisien anda menggunakan editor yang anda pilih.

Dan tentunya editor yang memiliki ekosistem yang baik, memiliki masa depan yang baik pula.