Generasi Lama Lebih Tahu Tentang Internet Ketimbang Generasi Sekarang

Generasi Lama Lebih Tahu Tentang Internet Ketimbang Generasi Sekarang

Tue, Aug 29, 2017 2:56 PM
Growth & Culture by Vesti WK

Dari Internet 101 Surveys menunjukkan bahwa tidak adanya kesinambungan tentang pengetahuan pengguna terhadap Internet dengan kenyataan yang terjadi. Public Interest Registry's 2017 Internet 101 Survey di sekitaran Amerika Serikat telah mengeluarkan hasil survey yang mungkin mengejutkan betapa sedikitnya pengguna yang sebenarnya tidak banyak memiliki pengetahuan tentang Internet. Survey dilakukan melalui 1.014 responden dewasa yang terdiri dari 506 pria dan 508 wanita usia 18 tahun ke atas. Studi online omnibus dilakukan seminggu dua kali meliputi representatif secara demografi Amerika Serikat dengan sampel 1.000 orang dewasa usia 18 tahun ke atas.

Meskipun mudah untuk menunjuk jari ke generasi-generasi yang lebih tua tak sehebat generasi sekarang, yang sebenarnya terjadi adalah justru sebaliknya dimana generasi pendahulu yang menduduki peringkat tertinggi dalam konteks pengetahuan terhadap Internet.

Dari info survei disimpulkan terdapat 47% orang memiliki akses ke jaringan. Dari mereka yang telah memiliki akses, kebanyakan menggantungkan pada jaringan seluler atau koneksi low-speed.

Berapa banyak masyarakat yang benar-benar tahu tentang Internet?

Pada kenyataannya orang hanya tahu sedikit tentang Internet dari yang mereka duga. Persepsi menunjukkan kebanyakan pengguna Internet percaya bahwa mereka adalah internet savvy (pengguna yang cerdas), dimana 84% dari mereka menyatakan "berpengetahuan luas" tentang Internet. Namun, pada kenyataannya;

  • ada 71% yang tidak tahu arti dari HTTP,
  • 45% dapat mengidentifikasi HTTPS sebagai protokol yang paling aman untuk berbagi informasi pribadi dan finansial,
  • 31% dapat mendefinisikan dengan benar apa itu sistem nama domain, dan
  • 68% tidak dapat mengidentifikasikan dekade kapan World Wide Web diciptakan.

Pertanyaan yang terjawab tentang Internet

Mungkin orang harus banyak belajar tentang Internet, akan tetapi mereka menjawab dengan baik beberapa pertanyaan terkait Internet.

  • 59% mengetahui bahwa URL adalah istilah lain untuk sebutan alamat web,
  • 66% dapat mengidentifikasi sebuah nama domain dari browser, sebuah alamat email, dan kaitannya dengan media sosial,
  • 80% mengetahui bahwa mereka bisa mendapatkan informasi resmi dari pemerintahan dengan .gov sebagai nama domain.

Membedakan antara World Wide Web dengan Internet

80% pengguna Internet tidak tahu bahwa World Wide Web berbeda dengan Internet. Internet adalah sebuah sistem jaringan interkoneksi yang menghubungkan beberapa komputer berbeda satu sama lain. Sedangkan World Wide Web adalah sebuah sistem informasi dalam Internet yang menghubungkan beberapa dokumen dengan dokumen lain menggunakan tautan hypertext.

Peperangan antar jaman

Generasi Millennial mungkin telah disodori dengan teknologi Internet sejak mereka lahir, akan tetapi generasi tua (Baby Boomer) lah yang muncul lebih awal dari generasi Millenial dan generasi X ketika dikaitkan tentang pengetahuan dasar Internet, dari keamanan online hingga opsi-opsi Internet. Berikut hasil prosentase tentang pengetahuan soal Internet melalui pengelompokan usia.

Tentang diciptakannya Internet di tahun 80an:

  • Millennial: 40% usia 37-40 tahun, dan 29% usia 24-29 tahun
  • Gen X: 46% usia 37-46 tahun, dan 31% usia 24-31 tahun
  • Boomer: 47% usia 37-47 tahun, dan 34% usia 24-34 tahun

Tentang definisi Internet:

  • Millennial: 42% usia 40-42 tahun
  • Gen X: 52% usia 40-52 tahun
  • Boomer: 46% usia 40-46 tahun

Tentang prosentase populasi dunia dengan akses Internet:

  • Millennial: 29% usia 24-34 tahun
  • Gen X: 26% usia 24-26 tahun
  • Boomer: 32% usia 24-32 tahun

Akses Internet seluruh dunia

Survey memperlihatkan bahwa 50% pengguna Internet Amerika Serikat percaya jumlah orang dengan akses Internet di dunia adalah lebih tinggi dari yang terlihat sebenarnya, dimana merupakan pengingat usaha yang harus diselesaikan dalam pendekatan pendidikan Internet global dan adanya gap akses Internet. Pada kenyataannya hanya 47% dunia telah memiliki akses Internet.

Registry, registrar, dan registrant

Pertanyaannya adalah jika kita membuat sebuah website, dimana kita akan membeli nama domain? Jawabannya, kita akan membeli nama domain dari registrar. Registry nama domain adalah sebuah organisasi yang mengelola nama-nama domain, mengatur peraturan dan layanan untuk nama domain. Registrar adalah sebuah organisasi terakreditasi yang menjual nama domain kepada publik. Registrant adalah sebuah individu atau organisasi yang mendaftarkan nama domain secara spesifik. Mereka memegang hak untuk menggunakan nama domain tertentu dan dapat mengelola pengaturan melalui registrar mereka.

World Wide Web diciptakan di tahun 1989 oleh Tim Berners-Lee di atas tumpukan kertas dengan nama Information Management Proposal. Konsep yang digiring waktu itu awalnya dianggap sebagai "Samar, tapi menyenangkan" oleh atasan Berners-Lee.