Growth & Culture

Karir Programmer Bisa Jadi Solusi di Masa Pandemi

By

|

By

Dulu saya berpendapat bahwa memulai karir programmer adalah mimpi yang mustahil. Tapi saat ini saya memikirkan ulang pendapat itu.

Pandemi covid19 masih berlangsung hingga saat ini. Meski vaksin dikabarkan telah masuk ke Indonesia namun pasca liburan nataru nyatanya pemerintah Indonesia kembali memberlakukan PSBB.

Kondisi pandemi ini tidak hanya membuat orang-orang harus berjuang menjaga kesehatan, akan tetapi yang tak kalah penting juga harus berjuang menghadapi krisis yang semakin panjang terutama dari sisi finansial.

Di tengah pandemi seperti ini jika anda masih bisa bekerja secara WFH, itu merupakan sebuah keberuntungan yang patut disyukuri karena tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan, baik karena di-phk maupun karena usahanya terpaksa tutup.

Ada pun mereka yang masih tetap bekerja tapi tidak WFH karena jenis pekerjaan yang tidak memungkinkan dilakukan secara remote, tentu menjadi pilihan yang sulit bagi mereka untuk tetap di rumah saja seperti anjuran pemerintah dengan risiko tidak punya pemasukan atau tetap pergi bekerja dengan risiko terpapar covid19.

Pada awal tahun 2020 saat pandemi mulai tersebar di berbagai Negara di dunia, media mulai mengabarkan beberapa perusahaan besar seperti google, facebook, dan perusahaan teknologi lainnya yang langsung memberlakukan WFH bagi karyawan-karyawannya.

Begitupun Refactory yang juga langsung concern dalam menghadapi situasi pandemi ini dengan cara memberlakukan WFH juga pada karyawan-karyawannya. Dari situlah saya sadar bahwa dalam keadaan darurat yang mengharuskan kita bertahan di rumah masing-masing karena seorang memilih karir programmer/developer sehingga masih dapat bekerja secara remote.

Kalaupun terkena PHK mereka masih tetap bisa bekerja secara freelance, apalagi di masa-masa pandemi seperti ini banyak bisnis yang mulai beralih ke online. Hal tersebut menambah peluang bagi para programmer/software developer untuk bisa berkreativitas dan menawarkan skill-nya Memiliki skill pemrograman dapat diandalkan, banyak keuntungannya, dan banyak juga cara untuk monetize-nya Seperti:

  • Bekerja di Perusahaan Teknologi

Indonesia saat ini sangat membutuhkan talent digital. Ada sekitar 600.000 talent digital yang dibutuhkan oleh pasar, sedangkan yang tersedia tak lebih dari 50.000 talent digital. Sehingga kesempatan untuk terserap oleh lapangan kerja bagi seseorang yang memiliki skill digital masih sangat tinggi. 

  • Menjadi Freelancer 

Menjadi seorang freelancer dalam bidang pemrograman tidak bisa dipandang sebelah mata. diam-diam freelancing juga sangat menguntungkan asalkan ulet dan tekun menjalaninya dengan cara rajin-rajinlah memperluas networking dan mengulik kesempatan dari platform-platform freelancing yang saat ini sudah banyak tersedia

  • Membuat Kelas Webinar Ataupun Kursus Online

Salah satu keuntungan jika kita menguasai suatu bidang ilmu adalah kita bisa menularkan ilmu tersebut kepada orang lain. Bahkan dengan cara begitulah kita akan semakin paham lagi dengan apa yang kita tahu. So, jangan takut berbagi ilmu!

  • Mengikuti Program RSP

Nah program baru yang bisa menjadi solusi di tengah pandemi begini adalah hadirnya program RSP (Refactory Strategic Partnership) yaitu suatu program yang bisa diikuti oleh semua orang yang ingin mendapatkan kerja di bidang pemrograman secara remote.

Program ini bisa diikuti oleh semua level karena didalamnya terdapat proses upgrading skill sesuai level yang dibutuhkan oleh masing-masing peserta, agar mereka siap mengerjakan project dari perusahaan berskala nasional maupun internasional. Bagaimana dengan pendapatan yang akan diterima oleh peserta RSP? Yaitu antara 4-8 juta per bulan bahkan sangat mungkin untuk mendapatkan lebih. Lumayan kan?! 

Nah itu tadi beberapa opsi yang bisa diambil ketika memulai karir programmer di tengah krisis pandemi. Jika Anda menemukan pilihan beralih karir ke bidang pemrograman maka itu menjadi kesempatan emas yang hadir di tengah krisis ini. Meskipun harus belajar dari nol, namun belajar pemrograman tidak ada ruginya bahkan saat pandemi telah berakhir pada suatu hari nanti skill pemrograman akan tetap semakin eksis mengikuti perkembangan digital yang terbukti terus mengalami peningkatan secara pesat.

Hubungkan dengan kami

Ikuti refactory

Case Studies

Tag

covid, Karir, pandemi, pekerjaan saat pandemi, refactory solusi pandemi, refactory strategic partnership

×