Growth & Culture

Belajar Pemrograman? Persiapkan Hal-hal Berikut

By

|

By

Apakah kamu pernah terpikirkan hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum belajar pemrograman? Pemikiran tersebut sangat bagus karena mencari tahu bagaimana persiapan belajar pemrograman adalah awal yang baik dalam memulai belajar pemrograman.

Pemrograman komputer mulai banyak diminati. tidak hanya dikalangan kampus dengan jurusan IT, tapi juga mulai dilirik orang-orang awam dengan mengikuti bootcamp dan kursus. Apalagi dimasa pandemi yang melanda dunia sejak tahun lalu hingga sekarang, membuat banyak orang mulai sadar betapa dunia teknologi digital sangat prospektif dan layak untuk diulik dan dipelajari sebagai jalan atau cara untuk mendapatkan perubahan nasib.

Di zaman yang serba digital ini mengakuisisi skill teknologi tidak ada ruginya! Meskipun tidak untuk tujuan menjadi seorang developer, setidaknya orang dengan skill tekonologi akan lebih mudah mengikuti perkembangan zaman dan melihat peluang-peluang yang menguntungkan didalamnya.

Jika kamu tertarik mempelajari coding atau pemrograman, ketahuilah beberapa hal dalam mempersiapkannya, baik hal yang berkaitan langsung maupun tidak berkaitan langsung dengan pemrograman. Karena belajar pemrograman sebenarnya akan lebih mudah ketika kita mempersiapkannya dengan baik.

Kira-kira apa saja hal yang perlu dipersiapkan?

Development Environment

Sebelum memulai belajar pemrograman, coba baca-baca dan pelajari seputar developmen environment. Hal tersebut akan membantu kamu lebih familiar dengan pemrograman.

Aturan Penulisan

Belajar pemrograman erat kaitannya dengan penulisan code yang tentu punya aturan tersendiri. Ada baiknya untuk mulai cari-cari tahu bagaimana aturan penulisan itu dan mulai menginstall teks editor untuk mempraktikannya agar lebih paham.

Disiplin menutup kurung

Sebagian dari aturan penulisan code yaitu disiplin memperhatikan tanda kurung baik kurung biasa, kurung kurawal maupun siku. Di mana code pemrograman tertulis di dalam braket kurung.

Konsep/ Logika Pemrograman yang dipakai

Memahami konsep atau logika pemrograman yang dipakai karena setiap bahasa pemrograman memiliki perbedaan konsep/ logika yang radikal. Pemrograman itu bukan soal bahasa pemrograman, akan tetapi soal memecahkan solusi kehidupan dengan bahasa pemrograman, pick one and leran it!

Teliti membaca pesan kesalahan

Membaca pesan kesalahan sering menjadi momok bagi pemula, tapi tetaplah tenang dan pahami perlahan. Baca dengan teliti dan pahami maksudnya, karena dari pesan tersebut kita akan membaca apa yang salah dan bagaimana memperbaikinya.

Nah itu tadi hal-hal yang setidaknya bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan belajar kamu dan masih ada banyak hal lain lagi yang bisa kamu ulik.

Memang tidak ada salahnya langsung belajar tanpa mempersiapkan apapun. Tetapi ketika kamu mengetahui lebih banyak sebelum memulai belajar pemrograman, setidaknya kamu telah memiliki bekal dan akan sangat membantu memahami apa yang akan kamu pelajar.

Tertarik belajar pemrograman? yuk belajar di Refactory Course

Hubungkan dengan kami

Ikuti refactory

Case Studies

Tag

Belajar Di Refactory Saat Pandemi, Belajar Pemrograman, Belajar Pemrograman Di Refactory, Kerja Saat Pandemi, Refactory, refactory solusi pandemi, refactory strategic partnership

×