Growth & Culture

Fungsi AI Di Tengah Wabah Corona Makin Penting

By

|

By

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence, kerapkali jadi momok menakutkan dalam film-film fiksi sains. Padahal pada praktiknya fungsi AI bisa jadi alat yang baik untuk membantu kemaslahatan manusia.

Perkembangan dan fungsi AI sejauh ini memang hanya populer di kalangan yang akrab dengan teknologi, meski demikian trend tersebut pelan-pelan telah berkembang dan masuk ke dalam budaya populer. Misalnya beberapa tools AI gratis yang digunakan untuk menilai selera musik kita.

Pudding memperkenalkan AI yang akan menghakimi selera musik kita. Dengan kata-kata keji, data musik kita dikumpulkan lalu diberikan analisis berdasarkan kepopuleran musik yang kita dengar. 

Ada pula musisi Prancis Benoit Carré, yanh membuat Skygge sebagai avatar untuk eksperimen musik berdasar AI. Fitur-fitur ini terus berkembang dengan seiring meningkatnya aplikasi dan konsumsi layanan digital modern saat ini. 

Lalu bagaimana dengan kemanusiaan? Apakah AI punya peran dalam membantu peningkatan kualitas hidup manusia? Misalnya saat ini ketika kita tengah menghadapi pandemi covid19 yang terus memburu.

Apakah AI punya peran untuk membantu manusia memerangi, mengatasi, dan menghambat persebaran virus ini? Dalam temuan kami, ternyata ada inisiatif yang telah melibatkan AI untuk mengatasi pandemi ini. Berikut adalah beberapa contoh yang telah dihimpun oleh tim redaksi.

AI Membantu Mendiagnosa Penyakit

Salah satu upaya mencegah persebaran virus adalah mendiagnosa penyakit. Perusahaan seperti infervision bekerjasama dengan perusahaan raksasa China Alibaba telah melakukan ini.

Berkat Big data dan riwayat pasien, mereka berhasil mengidentifikasi orang yang terinfeksi Corona dengan tingkat keberhasilan 90%

Mendistribusikan Obat Menggunakan Drone

Saat Virus Corona merajalela di China, Drone dipakai untuk mengantar obat yang dikendalikan oleh Pusat Pengendalian Penyakit Xinchang dan Rumah Sakit Rakyat, untuk mengantar obat kepada orang-orang yang tidak dapat meninggalkan rumah dan kota-kota yang tidak memiliki akses mudah ke pelayanan medis.

AI Membantu Pengembangan Vaksin

Melibatkan komputer canggih untuk menemukan vaksin Covid-19 tengah dilakukan. Komputer canggih ini dapat membantu membuat permodelan, menghitung probabilitas hingga mempersingkat waktu uji coba vaksin.

Di China, perusahaan seperti Tencent, DiDi, dan Huawei telah memberikan arahan kepada sebagian besar sumber daya untuk melakukan pembuatan komputer canggih demi mendapatkan vaksin corona sesegera mungkin.

Jadi bagaimana? Apakah anda tertarik untuk belajar pemrograman dan mengembangkan kecerdasan buatan? Yuk belajar bersama kami melalui online course yang tersedia!

Hubungkan dengan kami

Ikuti refactory

Case Studies

Tag

×