Bahasa Pemrograman Python

Belajar Bahasa Pemrograman Python di Refactory Course

Pernahkah kalian mendapatkan saran, katanya “jika kamu pemula dan masih bingung ingin mempelajari bahasa pemrograman apa disarankan belajar bahasa pemrograman Python.” Hmmm saran tersebut bisa diterima sih, namun sebenarnya untuk memudahkan seorang pemula dalam memilih bahasa pemrograman adalah dengan cara memiliki tujuan, maka bisa memilih bahasa pemrograman dan menyesuaikan dengan tujuan kalian belajar pemrograman.

Misalnya, tujuan kalian belajar pemrograman untuk membuat sebuah website statis contohnya seperti landing page, atau web profil, maka kalian bisa mempelajari HTML, //PHP, CSS, dan Javascript. Tetapi jika kalian belajar pemrograman dengan tujuan bisa mengembangkan Backend kalian bisa belajar bahasa pemrograman Python, Rust, Ruby, Golang, PHP, Java, dan lain-lain.

Lalu apa itu bahasa pemrograman Python? Kenapa disarankan untuk pemula?

Python merupakan bahasa pemrograman yang populer yang diciptakan oleh Guido van Rossum sejak tahun 1991, menurut survey Developer 2020 yang dilakukan StackoverFlow Python menempati posisi ketiga sebagai bahasa pemrograman yang paling diminati oleh Developer dengan total prosentase ranking 66,7% . Sampai saat ini Python makin banyak dipakai di berbagai bidang seperti game, system berbasis web, bahkan dapat membuat mesin pencari sendiri. Jadi secara umum, bahasa pemrograman ini dipakai dalam pengembangan website, pengembangan software, matematika, dan system scripting, bahkan juga dipakai dalam bidang pengolahan data. 

Statement tentang kenapa Python disarankan untuk pemula diantaranya karena Python termasuk bahasa yang readable atau mudah dibaca dan memiliki sintaks yang sederhana.

Dari mana kita bisa belajar bahasa pemrograman Python?

Untuk mempelajari Python kita bisa menemukan referensi resminya melalui dokumentasi Python itu sendiri yaitu Python.org. Di sana telah tersusun lengkap referensi-referensi yang kalian butuhkan untuk mempelajari bagaimana menggunakan python.

Namun jika kalian ingin tutorial Python berbahasa Indonesi yang mudah dipahami tentu kalian bisa belajar Python di Refactory Online Course. Pada course ini tersedia materi Python dari basic mulai dari pengenalan apa itu bahasa Python, bagaimana instalasinya hingga bagaimana menampilkan “hello world” versi bahasa Python.

Lebih lengkapnya dalam kursus ini kita akan belajar,

  • Memahami sintaks bahasa Python
  • Memahami variabel dan tipe data
  • Belajar membuat fungsi pada bahasa Python
  • Belajar menerapkan OOP bahasa pemrograman pada bahasa Python
  • Belajar membuat Algoritma yang sederhana
  • Belajar membuat aplikasi dengan bahasa Python

Pada course ini kita akan mempelajari materi Python melalui video pembelajaran. Penjelasan dari Trainer melalui video tersebut mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang sesederhana mungkin, penjelasannya juga singkat, to the point namun materi yang disampaikan padat akan materi-materi penting.

Selain mempelajari teorinya, kita juga diberikan task latihan memungkinkan kita untuk mempraktekan apa yang telah didapatkan dari course ini, sehingga skill teknis kita akan lebih terasah.

Saat kita menemui kendala kita bisa mencari solusi melalui private group discussion yang memungkinkan kita untuk bertanya dan berinteraksi secara langsung dengan para Trainer Refactory. //comment on teachable

Selain mempelajari bahasa pemrograman Python kita juga bisa mempelajari materi-materi pemrograman lain lho, secara bebas dan unlimited. 

×