Fundamental Pemrograman

Apa Saja Fundamental Pemrograman?

Memasuki dunia pemrograman memang menantang,namun jangan sampai kita tergesa-gesa dan melupakan bahwa dalam segala hal apalagi dalam hal belajar pasti memerlukan proses. Dalam sebuah proses belajar ada elemen utamanya yang disebut sebagai fundamental, nah begitupun dalam proses belajar pemrograman, ada yang disebut sebagai fundamental.

Mengapa fundamental pemrograman penting?

Menjadi programmer itu salah satu konsekuensinya adalah menjadi long life learner. Jika telah menguasai satu teknologi, seorang programmer pasti juga memerlukan mempelajari teknologi yang lain. Misal kamu telah menguasai satu bahasa pemrograman tapi kemudian pada kondisi tertentu kamu ternyata perlu menggunakan bahasa pemrograman lain untuk mendukung project yang sedang kamu kerjakan! Mau tidak mau kamu harus mempelajarinya kan? Nah, dengan menguasai fundamental pemrograman setidaknya kamu akan lebih cepat dalam memahami teknologi yang ingin kamu pelajari.

Karena apapun bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari biasanya memiliki konsep yang sama. So, apapun bahasa pemrogramannya 4 fundamental pemrograman berikut adalah konsep nya.

Tipe Data

Tipe data dalam pemrograman merupakan kumpulan benda atau objek yang dapat kita temui pada suatu data. Tipe data menjelaskan suatu data misalnya tersusun atas jenis bilangan apa, apakah bilangan riil, bilangan pecahan, atau data tersebut tersusun dari bentukan karakter.

Tipe data adalah klasifikasi jenis data yang kita simpan dalam  sebuah variable. Hampir seluruh bahasa pemrograman yang ada mendukung berbagai macam  jenis tipe data, seperti: integer untuk bilangan fiil, Boolean untuk true and false, string untuk kumpulan karakter, dan sebagainya.

Variable

Secara umum variable adalah wadah atau tempat untuk menyimpan suatu data atau nilai pada memori dengan tipe tertentu. Kita bisa menyimpan berbagai macam data dari berbagai tipe, misal kita bisa menyimpan data teks untuk nama barang, atau data decimal untuk nilai harga, dan lain-lain.

Pengkondisian

Pengkondisian adalah kegiatan pengalokasian suatu kegiatan yang mempunyai dasar seperti contohnya jika saya mengantuk maka saya akan tidur, jika tidak saya akan membaca buku. Nah, kita punya beberapa pilihan dan harus memilih salah satu. Artinya kita dihadapkan pada pilihan-pilihan, untuk membuat hal itu bekerja kita nantinya perlu beberapa sintaks, contohnya dalam bahasa C ada istilah IF-Else dan Switch-Case.

Looping

Looping adalah sebuah urutan perintah yang secara menerus diulang hingga suatu kondisi tercapai. Looping bisa dikatakan sebuah kondisi yang diciptakan dan memiliki fungsi yang harapannya dapat membantu developer dalam memecahkan kondisi validasi tindakan dari sebuah algoritma.

Itu tadi merupakan 4 fundamental pemrograman yang bisa kamu bangun terlebih dahulu untuk memahami konsep setiap bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari.

Fundamental pemrograman menjadi fondasi maka harus benar-benar kuat terlebih dahulu, semakin kuat pondasinya semakin aman untuk dibangun lebih megah lagi, artinya jika kita ingin mengembangkan skill pemrograman lebih canggih lagi kita tak perlu khawatir soal dasar pemrograman.

Ingin belajar pemrograman dan mendapat peluang kerja? Jangan lewatkan agenda Live Discussion dan QnA RSP setiap hari rabu dan jumat.

×