Sebagian orang saja yang sudah mengenal teknologi ini, terlebih bagi mereka yang bergerak dibidang teknologi informasi, software engineer dan komunitas startup. Namun, prediksi tahun ini, 2018, teknologi-teknologi terbaru akan lebih membumi dan dikenal secara luas oleh orang awam sekalipun.

Antusiasme di 2018 semakin tinggi, dan inilah beberapa prediksi teknologi kunci yang akan hadir dan dipercaya akan banyak mengubah pola bisnis juga perilaku yang ada saat ini.

Internet of Things

Yes, IoT. Ini adalah tren masa lalu yang kembali datang. Semua percaya, perangkat dengan basis teknologi akan semakin pintar dan saling terkoneksi hingga berdampak pada gaya hidup keseharian manusia. Hal ini mulai diaplikasikan di rumah-rumah, mobil dan kota-kota, seperti chips atau sensor yang sudah cukup umum. Level berikutnya adalah perangkat-perangkat ini akan masuk lebih dalam dan berkolaborasi lebih jauh secara personal.

Blockchain dan Cryptocurrencies

Berbicara soal blockchain, teknologi uang digital ini semakin lama semakin masuk dalam arus utama di tahun ini. Uang digital ini mendapatkan perhatian lebih dan potensi investasi yang sangat besar, terlebih Bitcoin yang memiliki nilai paling tinggi ketimbang uang digital lainnya di 2017. Yang lebih menarik adalah pengembangan cryptocurrencies ini tengah dikembangkan untuk benar-benar bisa diaplikasikan di kehidupan nyata, saat nilai tersebut bisa dibagikan, didistribusikan, disentralisasi dan data tokenise. Hal ini dikarenakan dampak Internet of Things (IoT) yang semakin meluas dan akan berdampak pada metode pembayaran juga transaksi.

Augmented Reality

Teknologi AR ini merupakan teknologi yang memaksakan atau menambahkan kemampuan dari pengembangan computer image dalam penggunaannya di kehidupan nyata yang menyediakan gabungan pemindaian gambar yang ada melalui program spesial 3D.

AR di luar prediksi bergerak cukup lambat, namun 2018 dipercaya sebagai tahun yang cukup bersinar unruk AR baik dari sisi investasi maupun penggunaan secara luas. Mulai dari pemindai wajah, kebutuhan dunia pendidikan dan smart cities, banyak startup dan developer akan mendorong perubahan ini dan membuatnya terbiasa dipakai di kehidupan sehari-hari.

Artificial Intelligence

Barang tentu, kecerdasan buatan bukan lagi teori dalam selembar kertas, tapi benar-benar telah diimplementasikan dengan pola bisnis yang serius. AI dipercaya akan terus didorong sampai batas yang tak terbatas. Di 2018 diprediksi akan banyak startup yang menggunakan AI dalam aplikasi bisnis automasi dan robotik, lebih jauh AI akan menjadi sebuah solusi revolusioner di kehidupan nyata dengan isu yang lebih kompleks.

Setelah membaca ini, apakah kalian siap untuk bertarung dalam membentuk _enterpreneurial landscape _di 2018 dan juga menentukan arah kehidupan masyarakat? Siap tidak siap ‘hot’ teknologi ini akan datang.