Apakah laman Anda sudah optimal untuk perangkat mobile? Dunia secara masif telah berpindah dari website dan pengalaman online di desktop dan mulai terikat dengan perangkat mobile; lebih dari 57 persen seluruh lalu lintas internet berasal dari telepon pintar dan tablet. Jika Anda tidak fokus dalam tren pengguna, maka sudah tentu Anda kehilangan potensi 57 persen tersebut.

Tapi bagi seseorang yang tidak familiar dengan web development atau arus mobile secara umum, optimalisasi mobile mungkin sangat sulit dan misterius. Tapi kenyataannya hal itu jauh lebih mudah dari yang Anda pikirkan; yang mana saat ini hadir ratusan pilihan untuk membuat laman yang cocok untuk perangkat mobile. Seperti di kutip Forbes, berikut tujuh faktor penting dalam optimalisasi mobile.

Tidak untuk menyingkirkan kebiasaan berselancar di desktop, namun seiring berkembangnya teknologi dan mobilitas perangkat desktop akan semakin menurun. Lalu apa saya yang paling penting untuk melakukan optimalisasi mobile?

1. Ketersediaan gambar dan video. Pertama, Anda harus memastikan gambar dan video hadir dalam perangkat mobile. Jika video Anda tidak responsif itu mungkin saja memiliki file terlalu besar. Sama halnya seperti jika laman Anda menggunakan metode coding lama atau tidak kompatibel dengan data yang dihadirkan. Ini cukup mudah untuk di periksa, putar file tersebut dan lihat apakah seluruh gambar dan video bisa terbuka atau tidak.

2. Teks yang jelas. Dalam sebuah laman, teks harus benar-benar terbaca dengan jelas dan cepat, tanpa user memerlukan scroll atau zoom. Laman yang responsif biasanya secara otomatis melakukan hal tersebut karena mampu mendeteksi jenis perangkat, ukuran dan skala halaman untuk menyesuaikan secara sempurna. Tidak ada user mau membuang waktu mereka untuk melakukan zooming, scrolling untuk membaca sesuatu yang seharusnya bisa mereka baca dengan cepat dan langsung.

3. Interaktif dan clickability. Anda pun harus sadar soal “cllickability dan interaktif di laman mobile. Dalam laman desktop jadul, tombol interaktif bisa saja sangat kecil saat user menggunakan mouse. Namun di perangkat mobile tombol itu perlu lebih besar dan mudah untuk di klik menyesuaikan dengan jari-jari. Sama halnya, melakukan dropdown menu sulit untuk dilakukan di perangkat mobile, Anda perlu melakukan kostumisasi layout untuk memudahkan user. Jika laman Anda memiliki fitur interaktif baru segera update kepada user bahwa hal itu bisa berfungsi.

4. Kecepatan loading. Kecepatan loading penting tidak hanya untuk user tapi untuk mencari ranking, dan bahkan di perangkat mobile soal kecepatan jauh lebih penting. Perangkat mobile biasanya memiliki kecepatan lebih lamban ketimbang desktop. Perlu Anda ketahui, keterlambatan persekian detik bisa membuat user merasa malas. Anda bisa melakukan improvisasi waktu loading dengan mengurangi beberapa konten di halaman, mengecilkan ukuran gambar atau bahkan mengadopsi protokol accelerated mobile page (AMP).

5. Kompatibel. Penggunaan tipe coding dan format berpengaruh penting. Contohnya, basis file Flash video dan audio tidak bisa diputar dalam kebanyakan perangkat mobile modern. Jika Anda menggunakan perangkat terkini, Anda tidak perlu khawatir, sejak kebanyakan kerangka didesain untuk prioritas perangkat mobile.

6. Minimalisasi pop-up. Iklan pop-up sangat mengganggu, di mana pun mereka berada. Bahkan di mobile itu jauh lebih parah bagi user. Pastikan iklan pop-up Anda dibuat seminim mungkin, dan jika itu sebuah keharusan maka desainlah mereka agar mudah terbuka dan bisa disingkirkan dengan sekali klik.

7. Intuisi pengguna. Google menawarkan useful mobile-friendly test, yang membuat Anda bisa melakukan evaluasi laman mobile Anda secara teknis dengan standar yang mereka miliki, meski terkadang terjadi kesalahan. Laman mobile Anda mungkin bisa melewati serangkaian tes tersebut, namun tidak berarti laman anda memiliki versi yang intuitif bagi pengguna. Jika Anda benar-benar ingin laman Anda efektif untuk pengguna mobile, Anda harus meluangkan sedikit waktu untuk melakukan review layout dan desain, menggabungkannya sampai user benar-benar merasa nyaman dan terikat. Hal ini sangat kualitatif dan tidak mudah terdeteksi.

Ada opsi lain untuk membuat laman mobile Anda efektif, termasuk memastikan laman secara spesifik untuk mobile, namun tetap hal itu memerlukan kerja lebih dan pengetahuan teknis.