Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengungkap 10 teknologi yang akan membawa perbedaan dan dampak yang besar bagi kehidupan manusia di 2018. Jajaran teknologi terbaru ini akan mengubah kehidupan secara dramatis.

Kontributor Forbes Bernard Marr mengatakan saat ia berbincang dengan editornya David Rotman, bagaimana secara etik teknologi mampu menghadirkan kebaikan di masa depan. Ia mengatakan “Mereka telah bertanya kepada pada jurnalis, teknologi apa yang paling penting yang kalian tulis di tahun ini? Dan apa yang memberikan dampak jangka panjang. Kami benar-benar mencari teknologi yang fundamental dan memberikan dampak besar.”

1. 3D Metal Printing

Kita telah melihat bagaimana 3D plastic printing dalam beberapa tahun belakangan dan mengubah banyak cara manusia mendesain dan membuat prototipe. Dengan kehadiran itu, maka bukan tidak mungkin pabrikan metal bisa dengan cepat mengaplikasikan cetak logam. Kemampuan untuk membuat struktur logam akan memberikan revolusi manufaktur.

2. Artificial Embrio

Untuk pertama kalinya peneliti berhasil membuat embrio yang terstruktur dari sel stem itu sendiri tanpa menggunakan sel telur atau sperma. Hal ini akan membuka banyak kemungkinan untuk mengerti bagaimana kehidupan berasal, namun hal ini tentu sangat vital dengan hal etik dan masalah filosofi. Ini bisa jadi sebuah mahluk yang tidak natural yang berasal dari laboratorium.

3. Kota yang Mengerti

Di distrik Toronto Waterfront, ibu dari Google, Alphabet tengah mengembangkan sensor dan analisis dalam rangka memikirkan kembali bagaimana sebuah kota dibangun, dijalankan dan dihuni. Selain itu kota perlu didesain untuk benar-benar fit in dengan teknologi terkini agar kota pintar benar-benar terealisasi dengan keberlangsungan jangka panjang.

4. Servis Awan Kepintaran Buatan

Pemain kunci dari pengembangan Artificial Intelligence (AI) seperti Amazon, Google, IBM dan Microsoft tengah bekerja keras untuk menghasilkan mesin pembelajaran dan jaringan teknologi neural yang memungkinkan dengan mudah digunakan. Rotman mengatakan “Kemampuan AI yang tersimpan di awan memberikan dampak jika AI bisa diakses dengan luas termasuk bagi para pelaku bisnis. Hal ini akan mengubag segalanya, mulai dari manufaktur hingga logistik, dan membuat AI jauh lebih murah dan mudah bagi pelaku bisnis.”

5. Jaringan Neural Duel

Terobosan ini menjanjikan terobosan sistem AI yang memiliki “imajinasi”, melalui kemungkinan AI yang bisa mendebat atau berdebat satu sama lain. Bekerja di Otak Google, Deep Mind dan NVidia hal ini difokuskan pada mengaktifkan sistem yang akan menciptakan gambar atau suara yang dihasilkan komputer ultra-realistis, di luar yang telah ada saat ini.

“Jaringan Neural Duel menggambarkan terobosan dalam kecerdasan buatan yang memungkinkan AI menciptakan gambar dan hal-hal yang belum pernah dilihatnya. Ini memberikan AI rasa imajinasi,” kata Rotman.

Namun hal itu pun mendesak kehati-hatian lantaran meningkatkan kemungkinan komputer menjadi alat yang sangat pintar untuk melakukan penipuan-penipuan digital.