Tulisan Terbaru

Wawasan baru maupun tips

Lima Cara Jadi Pengguna StackOverflow Yang Baik

StackOverflow menjadi salah satu hal yang penting untuk dipahami oleh programmer. Situs ini menyediakan banyak layanan dan juga pengetahuan bagi mereka yang hendak belajar pemrograman. Menariknya, StackOverflow juga menjadi pusat komunikasi bagi komunitas programmer, di dalamnya kita bisa mengerjakan banyak hal, mulai menyelesaikan problem sampai bertanya hal-hal terkait pemrograman.

Apa yang membuat StackOverflow begitu berharga adalah konten di dalamnya. Hampir semua problem terkait pemrograman sudah ada di sana. Jika kamu memiliki masalah terkait pemrograman yang tidak dapat diselesaikan sendiri, kita bisa mencarinya di Google. Seringkali hasil pencarian utama adalah pertanyaan StackOverflow dengan kode yang dicari. Sangat sederhana.

Tentu semua fasilitas ini tidak diberikan ini secara gratis. Setiap informasi yang berguna merupakan hasil dari pekerjaan seseorang. Ada programmer yang menghabiskan waktu pribadinya untuk menyelidiki suatu masalah dan menuliskan temuannya sehingga lebih banyak orang dapat mengambil manfaat darinya.

Lalu bagaimana cara supaya kita bisa ikut berkontribusi ke dalam pemrograman ini? Berikut adalah beberapa cara supaya kamu bisa berkontribusi dalam komunitas StackOverflow.

Jangan lupa upvote

Jika kamu melihat sebuah pertanyaan dan jawaban yang diberikan benar, berikan upvote. Bahkan jika itu bukan pertanyaan yang kamu sudah tahu jawaban dan tidak membutuhkannya. Ini menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa jawabannya benar dan bisa membantu lebih banyak orang. Seseorang di luar sana sudah memberikan waktu dan tenaga untuk berpikir, jadi dengan memberikan kesempatan padanya, kita bisa menghargai kerja keras orang itu. Tapi ingat jangan pernah melakukan up-vote atau down-vote jika ragu.

Menulis Komentar

Mungkin ada orang yang memposting jawaban yang salah atau pertanyaan bodoh. Meski demikian boleh jadi mereka tidak melakukan ini dengan sengaja. Itu sebabnya orang tidak mengerti mengapa postingan mereka diturunkan (downvoted). Beberapa orang mungkin ingin bertanya tapi malu atau tidak tahu cara bertanya yang baik. Di StackOverflow dengan berbagi komentar dan jawaban, kita membantu mereka yang membutuhkan. Meski demikian kita harus menulis komentar yang mampu memberikan penjelasan, sehingga mereka yang bertanya, bisa mendapatkan jawaban memuaskan.

Baca pertanyaan teratas secara teratur

Ini seperti linimasa di Facebook, tetapi untuk para programmer. Telusuri pertanyaan teratas dan buka yang berisi tag yang kamu minati. Bahkan jika tidak berencana untuk menjawabnya. Sebagai programmer profesional, kamu akan menemukan hal-hal yang menarik minatmu. Jika kamu punya pengetahuan khusus, bantu dan dukung teman-teman anda belajar. Pelajari bagaimana mereka berjuang, bagaimana mereka mengatasi rintangan, dan bagaimana mereka bernalar. Kadang-kadang bahkan pertanyaan biasa-biasa saja dijawab dengan cara yang brilian.

Tidak Ada Pertanyaan Bodoh

Bahkan jika mengajukan pertanyaan yang benar-benar bodoh, hal terburuk yang bisa terjadi adalah mendapatkan downvotes atau menerima komentar yang tidak menyenangkan. Tidak ada poin reputasi yang akan hilang jika menghapus pertanyaan. Mungkin juga pertanyaannya tidak mendapat perhatian karena terlalu luas atau terlalu spesifik. Ini tidak merugikan sama sekali. Dengan menyusun pertanyaan, kita mulai memahami masalah dengan lebih baik. Jangan salah, siapa tahu, pertanyaan yang menurut kita bodoh akan memicu orang lain untuk berpikir dan membuat jawaban terbaik dari pertanyaan tersebut.

Jawablah Jika Anda Bisa

Tidak seperti fitur lain di StackOverflow, menjawab pertanyaan biasanya membutuhkan waktu. Inilah yang dilakukan programmer terbaik, karena bermanfaat bagi masyarakat dan juga diri mereka sendiri. Dengan menjawab pertanyaan kita akan membantu orang lain, jika jawaban benar kita akan mendapatkan upvotes yang menghasilkan pertumbuhan reputasi. Angka besar di sebelah nama dan avatar ini berbicara sendiri. Semua orang melihat bahwa kamu seorang profesional.

Jadi sudah tertarik untuk mengembangkan diri di StackOverflow?

Refactory

Refactory adalah pengaktif teknologi digital di Indonesia. Sejak didirikan pada 2015 di Surabaya dan membuka Bootcamp kelas pertama pada 2017 di Bandung, Refactory telah berkembang melebihi Bootcamp dengan menambah berbagai solusi untuk memberdayakan anak-anak muda Indonesia melalui pemrograman, serta membantu perusahaan di tingkat nasional maupun mancanegara untuk merealisasikan potensi mereka.

Kantor Utama di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 9,8 Sleman, DI Yogyakarta 55581 - Indonesia

© 2017-2024 PT. BIXBOX TEKNOLOGI PERKASA. All rights reserved.