Tulisan Terbaru

Wawasan baru maupun tips

Alasan Mengapa Kita Perlu Pake Linux (Bagian Pertama)

Ada banyak alasan mengapa Linux harus lebih disukai daripada platform perangkat lunak berpemilik seperti Windows dan Mac. Tapi di sini, kami mencantumkan empat alasan teratas untuk memberi Anda gambaran yang jelas.

Sampai beberapa tahun yang lalu, Linux digunakan terutama untuk server dan dianggap tidak cocok untuk desktop. Tetapi antarmuka penggunanya dan kemudahan penggunaannya terus meningkat selama beberapa tahun terakhir. Linux saat ini telah menjadi cukup ramah pengguna untuk menggantikan Windows di desktop. Ini digunakan oleh ratusan ribu orang di seluruh dunia. Berikut adalah sepuluh alasan terpenting mengapa.

  1. Keamanan tinggi

Menginstal dan menggunakan Linux di sistem Anda adalah cara termudah untuk menghindari virus dan malware. Aspek keamanan tetap diingat ketika mengembangkan Linux dan jauh lebih rentan terhadap virus dibandingkan dengan Windows.

Program tidak dapat membuat perubahan pada pengaturan dan konfigurasi sistem kecuali pengguna masuk sebagai pengguna root (setara dengan pengguna administrator di Windows). Sebagian besar pengguna tidak masuk sebagai root; karenanya, mereka tidak dapat melakukan banyak kerusakan pada sistem, kecuali pada file dan program mereka sendiri, karena file/malware yang diunduh akan memiliki hak istimewa yang terbatas. Anda dapat menjelajahi Internet tanpa khawatir sistem Anda terinfeksi. Namun, pengguna dapat menginstal perangkat lunak antivirus ClamAV di Linux untuk lebih mengamankan sistem mereka.

Alasan untuk tingkat keamanan yang lebih tinggi ini adalah karena Linux adalah perangkat lunak open source, kode sumber tersedia untuk ditinjau. Sejumlah besar pengembang di seluruh dunia telah melalui kode, yang berarti bahwa sebagian besar kekurangan telah ditemukan.

  1. Stabilitas tinggi

Sistem Linux sangat stabil dan tidak rentan terhadap crash. OS Linux berjalan sama cepatnya dengan saat pertama kali diinstal, bahkan setelah beberapa tahun. Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami bagaimana sistem Windows yang baru diinstal berjalan sangat cepat dan sistem yang sama menjadi lambat setelah sekitar enam bulan hingga satu tahun. Kemudian, satu-satunya pilihan Anda sebagian besar waktu adalah menginstal ulang OS dan semua perangkat lunak lainnya.

Uptime untuk server Linux sangat tinggi dan ketersediaannya sekitar 99,9 persen. Tidak seperti Windows, Anda tidak perlu me-reboot server Linux setelah setiap pembaruan atau patch. Karena ini, Linux memiliki jumlah server tertinggi yang berjalan di Internet. Menurut sebuah artikel di situs web zdnet, 96,3 persen dari 1 juta server Web teratas berjalan di Linux. Dua puluh tiga dari dua puluh lima situs web teratas berjalan di Linux. Dua situs web yang tersisa di dua puluh lima teratas adalah live.com dan bing.com, milik Microsoft!

  1. Kemudahan perawatan

Memelihara OS Linux itu mudah, karena pengguna dapat memperbarui OS secara terpusat dan semua perangkat lunak yang diinstal dengan sangat mudah. Semua varian Linux memiliki repositori perangkat lunak pusatnya sendiri, yang digunakan untuk memperbarui sistem dan menjaganya tetap aman. Mereka menawarkan pembaruan rutin dan sistem dapat diperbarui tanpa perlu melakukan reboot. Pembaruan dapat dilakukan secara berkala, hanya dengan beberapa klik, atau pengguna bahkan dapat mengotomatiskan proses pembaruan. Memperbarui sistem Windows tidak begitu mudah dibandingkan dengan sistem Linux. Juga, di Windows, semua perangkat lunak pihak ketiga seperti Acrobat Reader dan Firefox harus diperbarui satu per satu.

  1. Open Source

Aspek terpenting dari Linux adalah bahwa kode sumbernya tersedia karena termasuk dalam kategori FOSS (Free and Open Source Software). Komunitas programmer mendapat manfaat dari ini karena anggotanya memiliki kebebasan untuk melihat dan memodifikasi kode sumber, yang tidak berlaku untuk perangkat lunak berpemilik, yang hanya dapat mereka gunakan. Beberapa negara sedang mengembangkan versi Linux mereka sendiri. Ini pada akhirnya akan membantu negara-negara ini dalam mengembangkan OS mereka sendiri untuk area khusus atau strategis seperti pertahanan, komunikasi, dll.

Perang dunia maya akan memainkan peran penting dalam perang apa pun di masa depan. Penggunaan sistem operasi komputer dan perangkat lunak komunikasi asing dan yang dikompromikan dapat membuat negara ini bertekuk lutut dalam beberapa hari, baik secara militer maupun ekonomi. Oleh karena itu, menggunakan alat FOSS sangat penting untuk keamanan negara mana pun. Beberapa negara termasuk China, Rusia dan Kuba sedang mengembangkan OS mereka sendiri berbasis Linux. C-DAC telah mengembangkan BOSS (Bharat Operating System Solutions), sistem operasi PC India sendiri.

Refactory

Refactory adalah pengaktif teknologi digital di Indonesia. Sejak didirikan pada 2015 di Surabaya dan membuka Bootcamp kelas pertama pada 2017 di Bandung, Refactory telah berkembang melebihi Bootcamp dengan menambah berbagai solusi untuk memberdayakan anak-anak muda Indonesia melalui pemrograman, serta membantu perusahaan di tingkat nasional maupun mancanegara untuk merealisasikan potensi mereka.

Kantor Utama di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 9,8 Sleman, DI Yogyakarta 55581 - Indonesia

© 2017-2022 PT. BIXBOX TEKNOLOGI PERKASA. All rights reserved.