Tulisan Terbaru

Wawasan baru maupun tips

Bahasa-Bahasa Pemrograman Tertua Yang Kita Pakai

Salah satu hal dasar yang perlu dipelajari sebelum memulai karir di bidang coding, adalah memahami apa saja bahasa pemrograman yang ada. Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer.

Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi secara persis.

Meskipun mungkin tidak terlihat oleh kebanyakan orang, bahasa pemrograman benar-benar membantu dunia modern berjalan dengan memberikan instruksi ke komputer dan semua perangkat elektronik kita. Nah di Refactory kamu bisa belajar tentang bahasa pemrograman dengan sesama Engineer dan para Tech Fellow yang ada.

Bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama adalah Plankalkül, dibuat oleh Konrad Zuse antara tahun 1942 dan 1945. Sejak itu, banyak bahasa pemrograman telah dikembangkan dan tidak ada lagi. Bahasa pemrograman dalam daftar ini berusia beberapa dekade dan masih merupakan beberapa bahasa pemrograman paling populer.

Nah apa saja nih bahasa pemrograman tertua yang masih bertahan dan yang pernah populer pada zamannya? Penggunaan bahasa pemrograman klasik dan tua bukan hanya untuk nostalgia, tapi juga berfungsi untuk memahami sejarah. Naskah ini disusun berdasarkan popularitas dan juga penggunaan yang masih dilakukan dan bersumber dari oldest.

Bahasa C

C adalah bahasa pemrograman penting lainnya yang banyak digunakan untuk digunakan dan mempengaruhi beberapa bahasa pemrograman kemudian. Penerus bahasa pemrograman B, C pada awalnya dikembangkan di Bell Labs oleh Dennis Ritchie antara tahun 1972 dan 1973 untuk sistem operasi Unix yang baru. Selama beberapa tahun berikutnya, C digunakan di banyak proyek dalam Sistem Bell dan juga oleh organisasi industri, akademik, dan pemerintah berorientasi penelitian lainnya. Selama tahun 1980-an, C semakin populer dan menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan.

Basic

Sementara semua bahasa pemrograman dalam daftar ini mengubah dunia komputer, mungkin tidak ada yang lebih revolusioner daripada BASIC (Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code). Pertama kali dirilis pada tahun 1964 di Dartmouth College oleh John G. Kemeny dan Thomas E. Kurtz, BASIC memungkinkan orang biasa, khususnya sarjana di bidang selain sains dan matematika, untuk memprogram dan menggunakan komputer. BASIC sangat mudah dipelajari sehingga akhirnya menjadi bahasa pemrograman komputer yang paling banyak digunakan. Pada 1980-an, penggunaan BASIC menurun, tetapi minat terhadap bahasa pemrograman telah diperbarui dalam beberapa tahun terakhir.

Pascal

Meskipun BASIC masih diajarkan di banyak perguruan tinggi, Pascal, yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth, menjadi populer di kalangan siswa yang tertarik pada keterampilan pemrograman yang lebih serius. Wirth membuat Pascal untuk mendorong praktik pemrograman yang baik menggunakan pemrograman terstruktur dan penataan data. Pascal sering digunakan oleh orang-orang yang memiliki komputer mini atau mikrokomputer. Selain digunakan untuk kursus pemrograman komputer tingkat universitas, Pascal digunakan untuk menulis perangkat lunak komersial pada akhir 1970-an dan 1980-an.

Fortran

Fortran, sebelumnya FORTRAN, pertama kali dirilis secara komersial pada tahun 1957, menjadikannya bahasa pemrograman tertua yang masih digunakan. Bahasa pemrograman awalnya dikembangkan oleh tim programmer di IBM yang dipimpin oleh John Backus. Pada akhir tahun 1953, Backus mengajukan proposal kepada atasannya di IBM untuk mengembangkan alternatif yang lebih praktis dari bahasa assembly untuk memprogram komputer mainframe IBM 704 mereka. Setahun kemudian, Fortran siap digunakan dan dirilis ke publik tiga tahun kemudian. Fortran dengan cepat mengubah lanskap pemrograman komputer dan bahasa tersebut terus digunakan selama enam dekade terakhir.

Refactory

Refactory adalah pengaktif teknologi digital di Indonesia. Sejak didirikan pada 2015 di Surabaya dan membuka Bootcamp kelas pertama pada 2017 di Bandung, Refactory telah berkembang melebihi Bootcamp dengan menambah berbagai solusi untuk memberdayakan anak-anak muda Indonesia melalui pemrograman, serta membantu perusahaan di tingkat nasional maupun mancanegara untuk merealisasikan potensi mereka.

Kantor Utama di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 9,8 Sleman, DI Yogyakarta 55581 - Indonesia

© 2017-2022 PT. BIXBOX TEKNOLOGI PERKASA. All rights reserved.