Tulisan Terbaru

Wawasan baru maupun tips

Apa Yang Membuat Python Jadi Populer pada 2021?

Mengapa Python begitu populer? Sebagai bahasa pemrograman, Python digunakan oleh Intel, IBM, NASA, Pixar, Netflix, Facebook, JP Morgan Chase, Spotify, dan sejumlah perusahaan besar lainnya. Ini adalah salah satu dari empat bahasa utama di Google, sementara YouTube Google sebagian besar ditulis dengan Python. Hal serupa juga digunakan oleh Reddit, Pinterest, dan Instagram.

Salah satu alasan utama mengapa Python populer sebagai bahasa pemrograman karena bagus untuk mempelajari cara membuat kode. Banyak video serta materi yang bisa diakses dan memiliki banyak fitur yang memungkinkan pemula menulis kode kompleks dengan sangat sederhana. Selain itu, ada banyak aplikasi yang Python adalah pilihan yang bagus, termasuk ilmu data, AI dan pembelajaran mesin, pengembangan web dan Internet of Things (IoT) dengan perangkat seperti Raspberry Pi.

Python dirilis pada tahun 1991 oleh warga Belanda bernama Guido van Rossum sebagai bahasa pemrograman yang ditafsirkan dengan penekanan pada keterbacaan. Sebagai bahasa sumber terbuka (open source), bahasa ini telah digunakan di banyak proyek skala besar dengan sukses besar, termasuk di Google, YouTube, EVE Online, dan Firaxis Games.

Bahasa Python sangat mudah digunakan dan dipelajari untuk pemula dan pendatang baru. Bahasa python adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling mudah diakses karena memiliki sintaks yang disederhanakan dan tidak rumit. Karena kemudahan belajar dan penggunaannya, kode python dapat dengan mudah ditulis dan dieksekusi jauh lebih cepat daripada bahasa pemrograman lainnya.

Ketika Guido van Rossum membuat python pada 1980-an, dia memastikan untuk mendesainnya menjadi bahasa yang dipahami oleh programmer secara umum. Salah satu alasan utama popularitas python adalah kesederhanaannya. Komitmen ini terbukti dalam sintaksis sehingga dapat dengan mudah dibaca dan dipahami bahkan oleh programmer amatir sekalipun.

Laporan menunjukkan bahwa antara tahun 2018 dan 2021, hampir 3 juta programmer baru memasuki pasar. Sehingga totalnya saat ini ada 27 juta programmer baru atau profesional. Pada dua tahun ke depan, jumlah tersebut diperkirakan akan mencapai hampir 30 juta, dan pada akhir dekade ini bisa menjadi 45 juta.

Python adalah bahasa yang sangat ramah dan sederhana untuk digunakan baik oleh programmer baru maupun yang belum berpengalaman. Ini dapat dikaitkan dengan menjadi salah satu alasan utama pentingnya Python di dunia saat ini. Kepopulerannya semakin meningkat seiring dengan kebutuhan transformasi data, pengolahan data, dan pengumpulan data yang dibutuhkan industri.

Perusahaan yang mengkhususkan diri untuk menilai dan melacak kualitas kode software, Tiobe merilis peringkat 10 bahasa pemrograman paling populer di dunia untuk Oktober 2021. Dalam laporan bertajuk "Tiobe Programming Community index", Python dinobatkan sebagai bahasa programming terpopuler di dunia saat ini.

Mengalahkan bahasa pemrograman C, Java, C++, C#, dan lainnya. Bagi Tiobe, hasil tersebut tergolong menarik. Sebab, selama ini perusahaannya melihat bahasa pemrograman selalu didominasi oleh Java dan C, dalam beberapa tahun terakhir ini. "Untuk pertama kalinya dalam lebih dari 20 tahun, kami punya pemimpin baru, yakni bahasa pemrograman Python. Dominasi lama Java dan C telah berakhir," tulis CEO Tiobe, dari situs resmi Tiobe.

Alasan lain mengapa Python populer adalah berkembangnya ilmu data, kecerdasan buatan, dan machine learning. Di luar anggapan, Python hadir dengan fitur bawaan yang menyediakan banyak fungsi yang mungkin dibutuhkan oleh ilmuwan data. Selain itu, ada juga sejumlah besar perpustakaan tangguh dan populer yang dapat diunduh untuk Python dan digunakan dalam proyek, seperti NumPy, Pandas, matplotlib, dan SciPy untuk matematika, manipulasi data, visualisasi data, tapi prakteknya bagaimana sih? Nah ini daftarnya:

Otomasi – alih-alih melakukan tugas yang membosankan dan berulang-ulang, gunakan Python untuk menghemat waktu dan mengotomatiskannya. Otomasi juga membantu saat mencari kesalahan dan bug di berbagai file.

Pengembangan web – Python adalah pilihan populer untuk pengembangan web, terutama karena kerangka kerja yang disediakan (seperti yang disebutkan sebelumnya, Django dan Flask) serta pustaka dan modul khusus.

Kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML) – Python umumnya digunakan oleh ilmuwan data untuk proyek yang berhubungan dengan AI dan ML. Sintaks Python sederhana bukan satu-satunya alasan mengapa sering dipertimbangkan. Dalam hal ini, bahasa pemrograman juga menarik karena pustaka dan paketnya dibuat khusus untuk AI dan ML.

Analitik dan visualisasi data – Python relatif mudah dipelajari dan fleksibel sehingga dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam proyek, dan tim dapat dengan cepat membiasakan diri dengan bahasa tersebut.

Python merupakan bahasa pemrograman serbaguna untuk pengembangan web. Saat menyiapkan server web, programmer mungkin memikirkan Node.js, .NET atau Java, sebagai bahasa pemrograman, tetapi Python adalah pesaing hebat untuk pengembangan web. Pengalaman menunjukkan menggunakan Python bisa membuat penskalaan sistem untuk kinerja menjadi lebih mudah dari sebelumnya dengan layanan cloud seperti AWS, Azure, Google Cloud, dll.

Jadi, apa alasan Python populer menurutmu?

Sumber:

Refactory

Refactory adalah pengaktif teknologi digital di Indonesia. Sejak didirikan pada 2015 di Surabaya dan membuka Bootcamp kelas pertama pada 2017 di Bandung, Refactory telah berkembang melebihi Bootcamp dengan menambah berbagai solusi untuk memberdayakan anak-anak muda Indonesia melalui pemrograman, serta membantu perusahaan di tingkat nasional maupun mancanegara untuk merealisasikan potensi mereka.

Kantor Utama di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 9,8 Sleman, DI Yogyakarta 55581 - Indonesia

© 2017-2022 PT. BIXBOX TEKNOLOGI PERKASA. All rights reserved.