Tulisan Terbaru

Wawasan baru maupun tips

Semangat Kolektif Stack Overflow, Membangun Peradaban Bersama

Di Refactory kami memiliki motto, empowering through programming. Kami percaya bahwa untuk bisa berdaya, maju, dan mandiri seseorang butuh ilmu dan keahlian. Keahlian dan ilmu yang dimaksud adalah pemrograman. Ini mengapa kami memulai program Intensive Pairing, agar siapapun yang memiliki kemauan dan kemampuan bisa menjadi programmer.

Untuk jadi programer seseorang butuh kerja keras, mentor yang baik, program yang tepat, dan semangat untuk bisa belajar secara mandiri. Nilai-nilai ini ditanamkan secara serius di program Intensive Pairing. Diharapkan para peserta bisa menjadi programmer yang tak hanya bisa coding, tapi bisa membangun peradaban. Lebih dari itu mereka bisa memberdayakan sesamanya.

Salah satu hal yang diwajibkan untuk dipelajari di program Intensive Pairing adalah Stack Overflow. Mengapa kami mewajibkan? Jawabannya karena Stack Overflow adalah wujud nyata semangat kolektif programmer untuk kemajuan. Di situs ini kamu bisa mencari jawaban atas problem koding yang ditemui, pada saat yang sama kamu juga bisa menyumbang hal baru untuk dipelajari, tidak hanya itu kamu juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan baru terkait pemrograman dan berkembang bersama.

Dalam sebuah artikel, Ben Matthews, Director of Engineering at Stack Overflow, menyebut bahwa di Stack Overflow, tingkat kolaborasi antar programer selangkah di atas organisasi lain yang pernah ada. Dibutuhkan upaya keras yang diambil secara sadar dari sebuah perusahaan untuk mendorong lingkungan kerja yang mengutamakan pekerjaannya. Manajer harus memilih untuk mengutamakan orang, karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan, bukan hanya klaim samar untuk klise.

Ben Matthews menyebut bahwa banyak data yang menunjukkan bahwa peduli pada pekerja dalam sebuah perusahaan bisa jadi kebijakan paling ekonomis dan efektif yang bisa dilakukan agar berkembang. Memperhatikan manusia terlebih dahulu daripada keuntungan merupakan hal ekonomis yang harus dilakukan. Tidak seorang pun pernah melakukan pekerjaan yang lebih baik karena mereka takut, stres, atau khawatir akan masa depan mereka; terutama dalam pekerjaan yang berpusat pada kreativitas dan pemecahan masalah seperti pengembangan perangkat lunak.

Hal ini yang dikembangkan di Refactory. Semakin besar kontribusi kepada perusahaan, makin besar benefit yang didapat. Semua orang bisa bekerja keras tanpa harus takut besok akan makan apa, tinggal di mana, atau khawatir sakit. Setiap orang di Refactory dipenuhi kebutuhan dan haknya sehingga mereka bisa fokus pada pengembangan diri dan berkarir sebaik mungkin. Hal serupa juga ada di Stack Overflow.

Komitmen kepada orang-orang ini adalah filosofi kepemimpinan di balik Stack dan membantu memandu pengambilan keputusan dan budaya tempat kerja mereka. Itu juga yang mendorong Ben Matthews membuat Collectives™ di Stack Overflow. Untuk sampai ke sana, mereka membutuhkan tim dan budaya teknik yang sukses - inilah cara Stack Overflow membangunnya.

Metrik umum yang cenderung diikuti oleh perusahaan seringkali merupakan gejala kinerja tim, tetapi belum tentu bisa menggambarkan keseluruhan proses kerja. Dalam pemrograman elemen seperti velocity, prediktabilitas, bug rate, dll harus dilihat sebagai indikator kesehatan tim, bukan sebagai tujuan yang ingin dicapai; terkadang indikator terbaik untuk diikuti bersifat subyektif, dan relatif terhadap orang dan tim.

Lagi pula, seperti apa kesuksesan itu? Jika orang mendapatkan apa yang mereka butuhkan, harapan yang disepakati terpenuhi, dan semangat tim tinggi, itulah kesuksesan sejati. Jika kesuksesan yang didorong oleh orang semacam ini terjadi, kita akan mulai memperhatikan bahwa hal-hal seperti kecepatan waktu dan prediktabilitas akan meningkat secara alami dan bukan sebaliknya.

Sebagai catatan, produktivitas atau peningkatan keuntungan (ia hal penting, tapi bukan satu-satunya) seharusnya tidak pernah menjadi tujuan. Tujuan akhirnya harus selalu menciptakan nilai bagi pelanggan dan/atau komunitas. Dengan memberikan nilai, memberikan kontribusi penting, kita sebagai tim atau perusahaan akan selalu dibutuhkan klien yang pada akhirnya akan membawa revenue.

Di Stack Overflow, Ben menyebut, perusahaan mereka secara umum tidak seperti perusahaan kebanyakan. Ia tidak bicara tentang otoritas antara seorang insinyur dan CEO, tetapi orang-orang dari semua level memiliki suara dalam keputusan produk. Insinyur sangat terlibat dalam apa yang kami bangun dan bagaimana itu dibangun. Menjadi perusahaan yang dibangun untuk para insinyur dan didorong oleh para insinyur adalah bagian besar dari mengapa Stack Overflow berhasil.

Hal serupa juga dilakukan oleh Refactory. Setiap engineer punya suara dan punya hak bicara, meski demikian ini bukan berarti demokrasi liberal. Setiap mereka yang bicara harus turut serta dalam pengembangan produk atau memberikan solusi jika ada problem. Dalam SEV-2 misalnya, seseorang bisa mengusulkan satu fitur dengan rasionalisasi dan data yang tepat, lalu jika sudah disetujui ia bisa ikut ambil bagian dalam pengembangan produk tersebut.

Kesuksesan ini telah memungkinkan komunitas yang indah berkembang di platform publik Stack Overflow dan mereka selalu mencari cara terbaik yang dapat diberikan kembali kepada komunitas tersebut. Bagaimana Stack membantu komunitas tumbuh? Bagaimana Stack membuat pengalaman itu lebih bermakna? Itu adalah pertanyaan yang memandu para engineer Stack.

Ben Matthews menyebut, inilah alasan mengapa Stack membuat Collective. Seperti yang dibahas di Dev Interrupted Podcast, Collectives adalah ruang khusus di Stack Overflow tempat kamu dapat menemukan sumber daya (termasuk pertanyaan dan artikel teknis) dan jawaban tepercaya yang dibutuhkan, lebih cepat, dengan memusatkan konten tersebut dan menghubungkan dengan pakar produk dan terpercaya.

Misalnya, jika kamu memiliki pertanyaan tentang Google Go, kamu bisa mendapatkan jawaban langsung dari mereka yang membantu mengembangkan bahasa tersebut. Ben menyebut ia sangat bangga dengan pekerjaan yang dilakukan untuk ini, dan pekerjaan yang terus ia lakukan untuk menjadikannya sesuatu yang dapat dinikmati pengguna Stack Overflow.

Seperti semua petualangan baru, ada umpan balik konstan yang dikerjakan untuk mencoba dan terus membuat Kolektif, dan Stack Overflow, tempat yang lebih baik dan lebih ramah.

Sumber :https://devinterrupted.com/collective-community-how-we-empower-developers/

Refactory

Refactory adalah pengaktif teknologi digital di Indonesia. Sejak didirikan pada 2015 di Surabaya dan membuka Bootcamp kelas pertama pada 2017 di Bandung, Refactory telah berkembang melebihi Bootcamp dengan menambah berbagai solusi untuk memberdayakan anak-anak muda Indonesia melalui pemrograman, serta membantu perusahaan di tingkat nasional maupun mancanegara untuk merealisasikan potensi mereka.

Kantor Utama di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 9,8 Sleman, DI Yogyakarta 55581 - Indonesia

© 2017-2024 PT. BIXBOX TEKNOLOGI PERKASA. All rights reserved.