Tulisan Terbaru

Wawasan baru maupun tips

Mengapa Integritas Penting Bagi Programmer

Sebagai seorang programmer, selain skill pemrograman, soft skill yang harus dimiliki dan penting dikuasai adalah integritas. Secara umum hard skill adalah kemampuan atau keterampilan dalam melakukan pekerjaan. Jika hard skill dikuasai melalui latihan, belajar, dan praktik berulang-ulang, soft skill seperti integritas adalah karakter yang kamu kuasai melalui pola pikir dan adopsi nilai.

Integritas adalah mutu, sifat, dan keadaan yang menggambarkan kesatuan yang utuh, sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran. Integritas di tempat kerja bisa kita lihat dari berbagai, hal sederhana yang bisa dilakukan adalah datang tepat waktu, mengerjakan tugas sesuai arahan, dan yang paling penting jujur dalam melaksanakan perintah.

Integritas juga bisa mengacu pada karakter dan etika kerja yang baik, hal ini tentu abstrak, tapi ia bisa kita tunjukkan dengan kerja keras dan loyalitas. Definisi yang terkenal adalah: Integritas adalah melakukan hal yang benar (melalui kata-kata, tindakan, dan keyakinan) saat tidak ada yang melihat.

Memiliki integritas yang tinggi dalam bekerja berarti bahwa:

  • Anda dapat dipercaya dan dapat diandalkan,
  • Anda berlatih dan mendorong komunikasi yang terbuka dan jujur,
  • Anda bertanggung jawab atas tindakan Anda,
  • Pada akhirnya, integritas didasarkan pada nilai-nilai daripada keuntungan pribadi.

Oleh karena itu, menjaga integritas dalam lingkungan kerja sangat penting bagi pekerja di semua tingkatan, terutama saat kamu naik jabatan. Memiliki integritas membantu mengembangkan lingkungan kerja yang terbuka dan positif serta pendekatan etis dalam pengambilan keputusan.

Di Refactory integritas seseorang diukur dari dua hal, pertama kejujuran saat bekerja dan kedua kontribusi mereka dalam pekerjaan. Seseorang harus bisa melaksanakan tugas mereka dengan baik dan tidak merepotkan orang lain. Saat ia tidak mampu melaksanakan tugas, seorang pekerja di Refactory akan meminta bantuan, arahan, dan petunjuk untuk bisa mengerjakan tugas itu secara mandiri.

Mengapa secara mandiri? Karena jika seorang pekerja terbiasa menyerahkan atau membebankan tugasnya pada orang lain, ia tidak akan belajar dan akan menyepelekan tugas yang dimiliki. Integritas tempat kerja tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, tetapi juga bermanfaat bagi individu. Di Refactory, semakin banyak kontribusimu pada perusahaan, maka makin besar pula manfaat yang akan kamu dapat.

Kejujuran akan membawamu jauh, kejujuran akan membuatmu dapat bisa dipercaya. Dengan menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang jujur ​​dan dapat diandalkan, sebagai pekerja kamu akan mendapatkan rasa hormat dan kepercayaan dari rekan kerja dan atasan, Tidak hanya itu dengan kejujuran, kamu dapat tumbuh dalam karir dan ikut mengembangkan diri di berbagai level.

Bagaimana menunjukkan integritas di tempat kerja

Ada banyak cara untuk menunjukkan integritas di tempat kerja, misalnya dengan mengerjakan tugas sebaik mungkin, fokus saat rapat, dan hal yang sederhana bisa dimulai dengan tepat waktu. Tapi kadang hal yang sering dilupakan adalah mematuhi peraturan perusahaan.

Peraturan dan kebijakan tempat kerja dibuat untuk memandu pekerja tentang praktik terbaik untuk segala hal mulai dari perilaku hingga cara menyampaikan keluhan. Mengikuti kebijakan perusahaan memungkinkan, pekerja bisa memaksimalkan diri dan membuat keputusan berdasarkan informasi berdasarkan nilai dan tujuan perusahaan.

Di Refactory sendiri ada buku Refactory 101 yang bisa menjadi panduan bagi para pekerja. Di dalamnya ada sejarah, tujuan, dan rencana jangka panjang dalam bekerja. Sebagai pekerja mereka diharapkan bisa memberikan yang terbaik dan perusahaan juga akan memberikan benefit yang setara.

Dalam pekerjaan, kita kadang menemukan orang yang cuma bicara. Banyak dari kita mengenal orang-orang yang bicara besar tapi tak bisa bekerja. Sebaliknya, pekerja yang berintegritas bersedia melakukan pekerjaan mereka sendiri dan membantu orang lain jika situasinya membutuhkannya.

Selain bekerja dengan jujur, kita harus komunikatif. Gaya kerja dan sikap kita terhadap orang lain akan membantu menetapkan landasan yang kokoh untuk apa yang paling kita harapkan pada orang lain. Bekerja dengan standar tinggi dan menjaga perilaku profesional mendorong orang lain untuk mengikutinya.

Profesionalitas di Refactory dimulai setiap hari dan akan selalu mengalami evaluasi harian, mingguan, dan bulanan. Harapannya kita bisa memberikan yang terbaik setiap saat. Tidak apa jika kamu tidak tahu, yang penting mau belajar dan cepat berkembang. Selalu berikan yang terbaik meski kecil, karena hal-hal kecil tersebut pada akhirnya akan berkembang menjadi suatu yang besar jika dilakukan secara konsisten.

Hormati pendapat orang lain, bahkan jika kamu tidak setuju dengan mereka – Tidak peduli seberapa hebat lingkungan kerja, kemungkinan akan ada saatnya kamu tidak setuju dengan pendapat orang lain. Dalam kasus ini, tetap penting untuk menghormati, mendengarkan, dan memahami apa yang dikatakan orang lain.

Ada kalanya sebagai pekerja kita membuat kesalahan. Integritas di tempat kerja bisa diukur saat kita bertanggung jawab atas kesalahan. Semua orang membuat kesalahan dari waktu ke waktu. Mengakui dan bertanggung jawab atas kesalahan menunjukkan bahwa kita jujur ​​dan terbuka terhadap umpan balik yang konstruktif – kedua sifat yang umum bagi orang-orang dengan tingkat integritas tempat kerja yang tinggi.

Tapi mengapa programmer harus memiliki intergitas? Kode etik perilaku sangat penting dalam pengembangan software, dan integritas membuat kita bisa dipercaya. Sebagai programmer kita kerap diminta klien untuk membuat kode yang memiliki nilai bisnis. Biasanya, mereka ingin memastikan bahwa IP dan rahasia dagang mereka aman dan terlindungi.

Sebagai programmer integritas kita dimulai dengan menjaga rahasia dan bekerja sebaik baiknya. Dalam situasi sensitif seperti itu, penyedia jaga pemrograman bertanggung jawab untuk menerapkan standar etika dan membangun tembok etika untuk meminimalkan risiko kebocoran IP yang tidak disengaja dari satu proyek klien ke proyek lainnya.

Di Refactory integritas lebih dari sekadar kejujuran atau kode etik; itu adalah janji yang kami buat untuk klien, mitra, dan pekerja kami. Sejak didirikan Refactory telah berkomitmen pada komunikasi yang transparan dan praktik bisnis yang adil. Dedikasi kami terhadap profesionalisme dan standar etika yang tinggi adalah salah satu alasan utama pelanggan memilih kami daripada software house lainnya.

Jadi tunggu apalagi? Ayo bergabung dengan kami dan jadi programmer berintegritas!

Refactory

Refactory adalah pengaktif teknologi digital di Indonesia. Sejak didirikan pada 2015 di Surabaya dan membuka Bootcamp kelas pertama pada 2017 di Bandung, Refactory telah berkembang melebihi Bootcamp dengan menambah berbagai solusi untuk memberdayakan anak-anak muda Indonesia melalui pemrograman, serta membantu perusahaan di tingkat nasional maupun mancanegara untuk merealisasikan potensi mereka.

Kantor Utama di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 9,8 Sleman, DI Yogyakarta 55581 - Indonesia

© 2017-2024 PT. BIXBOX TEKNOLOGI PERKASA. All rights reserved.