Tulisan Terbaru

Wawasan baru maupun tips

Tren Pemrograman Yang Bisa Kamu Pelajari di Intensive Pairing

Tahun 2022 telah lewat dan masa depan dunia pemrograman terus berkembang. Apa saja trend pemrograman yang akan berkembang pada 2023? Apakah ada skill atau stack baru yang harus kamu kuasai? Apa saja potensi pasar digital yang belum tergarap di Indonesia? Artikel ini akan mencoba menjawab itu, jadi ayo kita baca!

Selama pandemi COVID-19 mereda di banyak negara. Tren pemrograman nyaris tidak ada perubahan, Sepanjang 2022 membawa lebih banyak kabar buruk daripada kabar baik: perang di Ukraina, resesi yang berkembang, penghentian perekrutan, atau bahkan PHK besar-besaran di perusahaan FAANG. Tapi apakah semuanya begitu buruk?

PHK besar di industri pemrograman. Sektor teknologi mengalami tahun yang sulit, sebagian besar disebabkan oleh kinerja yang buruk dari perusahaan perangkat lunak besar. Meta telah kehilangan 66,1% staf tahun ini, Nvidia kehilangan 45,5%, Alphabet kehilangan 39%, Microsoft turun 28,3% dan Apple kehilangan 25,5%. Data per 19 Desember 2022.

Kami menganggap Teknologi Besar sebagai sektor yang sangat stabil dan terus berkembang. Meskipun pergeseran pola belanja konsumen baru-baru ini dan penurunan permintaan untuk produk dan layanan teknologi setelah lonjakan yang tidak biasa setelah pandemi COVID-19 telah mengganggu pertumbuhannya.

Dari situs Tech Gig, komunitas pengembang terbesar di India dengan 4,2 juta anggota. diketahui mereka melakukan survei internal dari pakar yang mereka miliki. Mereka bertanya tentang apa apa saja yang akan menjadi trend pemrograman khususnya software development pada 2023.

Automated Code Review Process

Trend pertama yang perlu kita perhatikan adalah automated code review process. Secara umum Alat tinjauan kode otomatis sudah populer pada 2022, namun tahun ini akan semakin banyak perusahaan yang mulai menggunakannya dalam proses peninjauan kode mereka. Ini akan memungkinkan pengembang menghabiskan lebih banyak waktu untuk membangun fitur baru daripada meninjau kode.

Peningkatan Mutu Standar Kode

Trend kedua adalah peningkatan mutu standar kode. Meningkatnya kebutuhan perangkat lunak untuk mengikuti standar kualitas (seperti yang diusulkan oleh ISO) akan terus meningkat pada 2023. Karena banyak software semakin menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan di sebagian besar perangkat yang kita gunakan, perusahaan akan mulai melihat keuntungan dari sertifikasi ISO, seperti peningkatan kualitas, proses yang lebih efisien, peningkatan reputasi.

Berkembangnya Standar dan Panduan Koding

Trend ketiga adalah berkembangnya standar dan panduan koding. Memiliki standar pemrograman yang jelas dapat membantu pengembang saat ini. Selain itu hal ini juga akan membantu bisnis pengembang baru. Pada 2023, diharapkan akan lebih banyak perusahaan untuk memasukkan konvensi bahasa dan konsistensi gaya. Hal ini kelak akan berimbas pada mutu produk yang dihasilkan dan tentu saja meningkatnya kualitas programmer yang bekerja pada perusahaan itu.

Cyber Security

Trend keempat adalah fokus pada keamanan siber. Perusahaan akan lebih fokus pada penilaian reguler dan modernisasi sistem dan tumpukan teknologi mereka dalam hal keamanan siber. Hal ini karena tahun lalu spyware pegasus telah membuat banyak orang menjadi was-was terhadap keamanan digital mereka. Jika ada perusahaan yang bisa menangkap peluang ini dan menawarkan jaminan keamanan digital, mereka akan menjadi perusahaan yang memimpin bisnis pada 2023.

Pengembangan di Web3

Trend kelima adalah Teknologi Blockchain, bidang ini juga akan meningkat secara signifikan pada tahun 2023 karena perusahaan menciptakan produk dan layanan yang lebih terdesentralisasi. Misalnya, saat ini, banyak perusahaan menyimpan semua datanya di cloud, nah akan lebih baik jika mendesentralisasikan penyimpanan data dan mengenkripsi data tersebut menggunakan blockchain karena lebih aman.

Nah itu tadi adalah beberapa tren yang akan berkembang pada 2023. Apa saja yang menarik perhatian anda? Beri komentar ya.

Refactory

Refactory adalah pengaktif teknologi digital di Indonesia. Sejak didirikan pada 2015 di Surabaya dan membuka Bootcamp kelas pertama pada 2017 di Bandung, Refactory telah berkembang melebihi Bootcamp dengan menambah berbagai solusi untuk memberdayakan anak-anak muda Indonesia melalui pemrograman, serta membantu perusahaan di tingkat nasional maupun mancanegara untuk merealisasikan potensi mereka.

Kantor Utama di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 9,8 Sleman, DI Yogyakarta 55581 - Indonesia

© 2017-2024 PT. BIXBOX TEKNOLOGI PERKASA. All rights reserved.