Tulisan Terbaru

Wawasan baru maupun tips

Membangun Kejujuran Dan Profesionalisme Dalam Kerja

Kejujuran merupakan hal penting dalam membentuk karir dan profesionalisme dalam kerja. Hal ini karena memberikan kepercayaan dan stabilitas dalam hubungan antar individu dan juga dalam organisasi atau perusahaan. Saat kita bekerja kejujuran membantu menciptakan transparansi dan memastikan bahwa setiap pihak memahami situasi dan informasi yang sama.

Dalam praktiknya, di dunia kerja, kejujuran membantu membangun dan mempertahankan integritas pribadi dan juga organisasi. Ini membuka kesempatan-kesempatan baru dan juga karir di masa depan. Banyak masalah yang bisa dicegah melalui kejujuran karena dapat memastikan bahwa setiap pihak bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama.

Di Refactory sendiri, kami berusaha menekankan pentingnya kejujuran sebagai bagian dari soft skill. Hal ini untuk menciptakan hubungan yang positif: Kejujuran membantu membangun hubungan yang positif dan memastikan bahwa setiap pihak merasa dihargai dan diakui. Secara keseluruhan, kejujuran membantu membangun lingkungan yang terbuka, adil, dan dapat dipercaya, yang membantu memecahkan masalah dan memastikan bahwa setiap pihak bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama.

Tapi mengapa kami menekankan pentingnya kejujuran dalam bekerja? Dalam manifesto Refactory kami menekankan Berpikir positif daripada keraguan. Hal ini berarti kejujuran memiliki nilai yang penting. Anda bisa sangat jago dalam bidang pemrograman, tetapi jika tidak memiliki integritas atau kejujuran, maka seluruh karir anda akan hancur.

Lalu bagaimana cara membangun integritas dan kejujuran dalam kerja? Melatih kejujuran butuh proses. Kami di Refactory memberikan ruang bernama Town Hall, dimana setiap orang bisa menyampaikan keluhan dan keinginannya. Daripada menyimpan keresahan sendiri, mereka bisa jujur dan menyampaikan ide secara terbuka.

Ini mengapa dalam prosesnya, pendidikan untuk menanamkan kejujuran, merupakan hal yang penting untuk perkembangan karir seseorang. Agar seorang pekerja bisa sukses, kejujuran diperlukan untuk membentuk profesionalitas pada akhirnya.

Profesionalitas dalam karir

Untuk membantu anak muda merasa lebih terlibat dan tidak bosan saat bekerja, Refactory berusaha memberikan tantangan yang memotivasi, memberikan kesempatan untuk kreativitas dan inovasi, memberikan feedback yang membangun, memfasilitasi perkembangan individu, memberikan visi dan tujuan jelas, dan memberikan peluang untuk berkembang dan belajar.

Proses belajar saat bekerja profesional meliputi beberapa langkah penting, misalnya melalui identifikasi kebutuhan belajar, bagaimana para pekerja mempengaruhi kinerja di tempat kerja. Ini membantu kita menentukan apa yang perlu dipelajari untuk memperkuat keterampilan dan meningkatkan efisiensi.

Secara umum, proses belajar saat bekerja profesional memerlukan komitmen dan inisiatif untuk terus belajar dan berkembang. Dengan memastikan bahwa setiap pekerja memiliki akses ke sumber belajar yang relevan, menerapkan pengetahuan yang didapat, dan berbagi pengetahuan dengan rekan kerja, kita dapat memastikan bahwa para pekerja terus memperkuat keterampilan dan meningkatkan karir.

Tapi apa hubungannya dengan kejujuran? Dalam praktiknya, meski bergerak dalam bidang pemrograman, Refactory menjunjung tinggi nilai-nilai moral. Seseorang perlu memiliki karakter yang baik untuk jadi programmer. Misalnya, seorang programer harus bisa mengerjakan kode secara mandiri, tidak boleh menjiplak apalagi sekedar copy paste dari Stack Overflow.

Seorang programmer mesti memiliki integritas. Misalnya saat ia mengerjakan sebuah proyek, kode-kode sensitif yang rahasia harus dijaga dan tidak boleh dibocorkan kepada publik. Ia mesti menghormati kontrak dari klien dan perusahaan yang memberinya pekerjaan. Seorang programmer harus jujur dan tak mudah memperjualbelikan rahasia untuk kepentingan sesaat.

Ini mengapa kami di Refactory memiliki penghormatan khusus bagi mereka yang jujur. Meski sebenarnya ini adalah nilai dasar yang harus dimiliki, pada praktiknya banyak orang yang tidak baik dan jadi pengkhianat. Dalam proses penyaringan IP sendiri, psikotest diharapkan bisa mencegah orang-orang yang tidak jujur bergabung kepada kami.

Menurut pendapat kalian, apa sih pentingnya kejujuran?

Refactory

Refactory adalah pengaktif teknologi digital di Indonesia. Sejak didirikan pada 2015 di Surabaya dan membuka Bootcamp kelas pertama pada 2017 di Bandung, Refactory telah berkembang melebihi Bootcamp dengan menambah berbagai solusi untuk memberdayakan anak-anak muda Indonesia melalui pemrograman, serta membantu perusahaan di tingkat nasional maupun mancanegara untuk merealisasikan potensi mereka.

Kantor Utama di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 9,8 Sleman, DI Yogyakarta 55581 - Indonesia

© 2017-2024 PT. BIXBOX TEKNOLOGI PERKASA. All rights reserved.