Tulisan Terbaru

Wawasan baru maupun tips

Apa Bahaya Jika Source Code Bocor Ke Publik?

Elon Musk mengabarkan bahwa kode sumber (Source Code) Twitter bocor ke platform GitHub pada tanggal 25 Maret 2023 dan tersedia untuk diunduh selama beberapa jam sebelum dihapus oleh Twitter. Meski demikian ada indikasi bahwa kode tersebut telah bocor dan bisa diakses orang-orang yang memahami pentingnya Source Code tersebut.

Meskipun Twitter mengatakan bahwa tidak ada informasi pelanggan yang terkena dampak dari insiden tersebut, para ahli keamanan khawatir bahwa informasi sensitif dapat dikumpulkan dari kode sumber dan digunakan untuk melakukan serangan terhadap situs web Twitter.

Twitter mengkonfirmasi bahwa insiden tersebut disebabkan oleh kesalahan manusia, bukan serangan siber. Twitter juga mengatakan bahwa mereka akan melakukan penyelidikan menyeluruh dan memperbarui protokol keamanan mereka untuk mencegah terulangnya insiden serupa di masa depan.

Menurut dokumen hukum yang diajukan ke Pengadilan Distrik AS di Distrik Utara California, Twitter telah meminta GitHub, layanan hosting internet dan pengembangan perangkat lunak, untuk menghapus kode yang bocor. Github mematuhi permintaan ini dan mengatakan konten telah dinonaktifkan, sesuai pengajuan twitter.

Twitter juga meminta pengadilan untuk mengidentifikasi dugaan pelanggar atau pelanggar yang memposting kode sumber Twitter pada sistem yang dioperasikan oleh GitHub tanpa otorisasi Twitter. Hal ini ditujukan untuk mencegah hal serupa terjadi lagi, juga sebagai upaya untuk menjaga kepercayaan dari para investor.

Lalu apa sih sebenarnya Source Code itu? Source code adalah sekumpulan instruksi atau perintah yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu, yang digunakan untuk membuat suatu program atau aplikasi komputer. Kode sumber ini dapat dibaca dan dimengerti oleh programmer, dan nantinya akan diubah menjadi program yang dapat dijalankan oleh komputer.

Source code adalah bagian terpenting dalam pengembangan perangkat lunak, karena merupakan dasar dari keseluruhan program yang akan dibuat. Dalam source code, programmer menentukan bagaimana program tersebut akan bekerja dan melakukan fungsi-fungsinya sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Source code juga memungkinkan programmer untuk melakukan perbaikan atau peningkatan pada program, serta memahami dan menguji keamanan program tersebut. Source code umumnya tersedia untuk programmer yang ingin memodifikasi atau mengembangkan program yang sudah ada. Ini biasanya tersedia bagi komunitas open source.

Source code tidak selalu rahasia, tergantung pada kebijakan pengembang atau pemilik hak cipta atas program atau aplikasi. Beberapa perusahaan mungkin merahasiakan kode sumber program mereka sebagai bagian dari strategi bisnis mereka, sementara yang lain memilih untuk membuatnya tersedia secara publik.

Namun, meskipun source code tidak selalu rahasia, biasanya hanya dapat dimengerti dan dimanfaatkan dengan baik oleh programmer atau pengembang yang memahami bahasa pemrograman tertentu. Oleh karena itu, source code umumnya hanya berguna bagi orang-orang yang memiliki pengetahuan teknis yang memadai dalam bidang pengembangan perangkat lunak.

Bocornya source code ini bisa mengancam Twitter. Jika source code perusahaan bocor, maka dapat membuat perusahaan lebih rentan terhadap serangan siber dan pelanggaran data. Penjahat siber dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk mencuri data penting atau merusak sistem perusahaan.

Tidak hanya itu Twitter perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mengamankan sistem mereka, merekrut tim keamanan, atau mengganti seluruh produk atau layanan mereka jika informasi yang dicuri digunakan untuk membuat produk yang serupa atau menghasilkan komponen yang serupa.

Di tengah perhatian kongres dan warga Amerika tertuju pada TikTok yang dianggap tidak aman, kebocoran source code Twitter bukan sinyal yang baik. Saat ini perlu ada perbaikan sistem dan regulasi terkait keamanan data pengguna. Karena sejauh ini perdebatan yang ada di Amerika dan Eropa berkutat bagaimana hak pengguna media sosial dilindungi.

Dalam kasus kebocoran source code Twitter ada beberapa hal yang penting kita ketahui. Sebagai pengguna kita perlu tahu apakah keamanan data kita terjaga? Apakah kebocoran data ini bisa mempengaruhi kinerja Twitter dalam memfilter informasi? Dan yang paling penting bagaimana Twitter menjamin keamanan para pengguna di masa depan. Karena bukan tidak mungkin data pengguna bisa bocor jika source code bocor.

Sumber:

Refactory

Refactory adalah pengaktif teknologi digital di Indonesia. Sejak didirikan pada 2015 di Surabaya dan membuka Bootcamp kelas pertama pada 2017 di Bandung, Refactory telah berkembang melebihi Bootcamp dengan menambah berbagai solusi untuk memberdayakan anak-anak muda Indonesia melalui pemrograman, serta membantu perusahaan di tingkat nasional maupun mancanegara untuk merealisasikan potensi mereka.

Kantor Utama di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 9,8 Sleman, DI Yogyakarta 55581 - Indonesia

© 2017-2024 PT. BIXBOX TEKNOLOGI PERKASA. All rights reserved.