Tulisan Terbaru

Wawasan baru maupun tips

Mengenal Teknologi VAR dalam Sepak Bola

Sepak bola adalah olahraga yang memiliki sejarah panjang dan kaya. Awal mula sepak bola dapat ditelusuri hingga ribuan tahun yang lalu, dengan akar sejarahnya berasal dari berbagai permainan yang melibatkan menendang bola dengan kaki. Namun, bentuk sepak bola modern yang kita kenal hari ini berasal dari Inggris pada abad ke-19.

Pada tahun 1863, Asosiasi Sepak Bola Inggris (The Football Association) didirikan dan merumuskan aturan resmi untuk permainan ini. Aturan-aturan ini kemudian menjadi dasar bagi permainan sepak bola di seluruh dunia. Pertandingan sepak bola pertama yang diatur dengan aturan modern dilangsungkan di London pada tahun 1863 antara dua tim yang menggunakan aturan tersebut, dan sejak itu, sepak bola terus berkembang dan menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia.

Sejak itulah, sepak bola menjadi semakin populer di seluruh dunia. FIFA (Fédération Internationale de Football Association) didirikan pada tahun 1904 sebagai badan pengatur sepak bola internasional, dan Piala Dunia FIFA pertama kali diselenggarakan pada tahun 1930 di Uruguay. Piala Dunia menjadi salah satu acara olahraga terbesar di dunia dan memperkuat popularitas sepak bola.

Saat ini, sepak bola telah menjadi olahraga yang dimainkan dan disaksikan oleh jutaan orang di seluruh dunia, dengan liga-liga top seperti Liga Premier Inggris, La Liga Spanyol, dan Serie A Italia yang menjadi pusat perhatian para penggemar sepak bola. Sejarah panjang dan ragam peristiwa penting inilah yang membuat sepak bola menjadi begitu mendalam dan menarik dalam budaya olahraga global.

Nah dalam pertandingan sepak bola, umumnya wasit yang bertugas ada empat orang dengan tugasnya masing-masing. Empat wasit tersebut terdiri dari seorang wasit utama, dua orang wasit pembantu atau biasa disebut hakim garis, dan seorang wasit cadangan.

Meski memiliki banyak petugas yang mengawasi pertandingan, wasit-wasit tersebut masih sering melewatkan banyak hal, terlebih ketika permainan berjalan cepat. Untuk mengatasinya, dunia sepak bola perlahan mulai melakukan inovasi dengan teknologi, hingga akhirnya munculah VAR.

Video Assistant Referee (VAR) adalah sistem teknologi yang diperkenalkan dalam sepak bola untuk membantu wasit dalam pengambilan keputusan yang kontroversial selama pertandingan. Konsep VAR pertama kali diajukan pada tahun 1998, tetapi baru diterapkan dalam turnamen resmi pada Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia.

Penggunaan VAR membawa perubahan signifikan dalam cara pertandingan sepak bola diputuskan, karena wasit lapangan dapat menghubungi tim VAR untuk melihat tayangan ulang dan memverifikasi keputusan mereka dalam situasi seperti penalti, gol, pelanggaran, atau kartu merah.

Meskipun kontroversial, VAR telah membantu meningkatkan keadilan dalam sepak bola dengan mengurangi kesalahan pengambilan keputusan yang mungkin memengaruhi hasil pertandingan. VAR menyajikan tampilan pertandingan dari berbagai sudut, hingga melakukannya dalam gerakan lambat.

Sejak diperkenalkan, VAR telah digunakan di berbagai liga sepak bola top di seluruh dunia, termasuk Liga Premier Inggris, La Liga Spanyol, dan Serie A Italia. Meskipun masih menjadi topik perdebatan di kalangan penggemar dan pemain, VAR terus menjadi bagian integral dari sepak bola modern, dengan tujuan untuk mengurangi kesalahan wasit dan memberikan keadilan yang lebih baik dalam olahraga ini.

Sumber:

Refactory

Refactory adalah pengaktif teknologi digital di Indonesia. Sejak didirikan pada 2015 di Surabaya dan membuka Bootcamp kelas pertama pada 2017 di Bandung, Refactory telah berkembang melebihi Bootcamp dengan menambah berbagai solusi untuk memberdayakan anak-anak muda Indonesia melalui pemrograman, serta membantu perusahaan di tingkat nasional maupun mancanegara untuk merealisasikan potensi mereka.

Kantor Utama di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 9,8 Sleman, DI Yogyakarta 55581 - Indonesia

© 2017-2024 PT. BIXBOX TEKNOLOGI PERKASA. All rights reserved.